Fungsi Gambar bagi Orang Teknik

Jika anda memang berniat untuk belajar mesin CNC, ada beberapa kompetensi  khusus yang harus anda kuasai dasar dasarnya. Salah satunya adalah gambar teknik mesin dasar,  Fungsi Gambar bagi orang teknik sangat banyak selain pengukuran, dan dasar-dasar mesin perkakas.

Dalam ilmu teknik, anda dapat menyampaikan maksud anda  melalui sebuah gambar . jadi,  anda jangan kaget bila orang teknik memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa teknik atau dengan kata lain yaitu gambar teknik.    Anda dapat meneruskan keterangan-keterangan secara tepat & obyektif kepada orang lain melalui  sebuah gambar .

Fungsi Gambar bagi orang teknik

Gambar teknik mempunyai beberapa fungsi yaitu :
(1) Untuk menyampaikan  Informasi
Bila anda memiliki ide dan rancangan, tentunya anda harus menyampaikan ide dan rancangan tersebut kepada orang lain atau bagian lain untuk dilakukan proses selanjutnya, baik untuk dilakukan pemesanan  materialnya,  perencanaan proses, pembuatan atau produksi, pemeriksaan dan perakitan produk/ komponen . Nah, Gambar dijadikan sebuah mediasi untuk menyampaikan maksud dari perancang dengan tepat kepada pihak lain . Coba anda amati sebuah proses pembuatan produk, pasti selalu ada gambar yang digunakan sebagai petunjuk untuk menentukan bentuk dan ukuran-ukuran produk/komponen mesin yang akan dibuat. Simbol-simbol itu dapat berupa kode-kode dalam bentuk diagram rangkaian kelistrikan digunakan untuk menyampaikan informasi tentang komponen-komponen kelistrikan dan sebagainya.
(2) Pengawetan dan Penyimpanan
Anda pasti tahu bahwa gambar merupakan suatu data teknis . Sebuah teknologi dari suatu perusahaan dipadatkan dan dikumpulkan pada gambar. Oleh karena itu gambar bukan saja diawetkan untuk mensuplai bagian-bagian produk untuk perbaikan, tetapi gambar-gambar digunakan sebagai bahan informasi untuk perencanaan baru di kemudian hari. Untuk ini diperlukan cara penyimpanan , kodifikasi nomor urut gambar dan sebagainya.
(3) Penuangan gagasan dan Pengembangan
Gagasan-gagasan baru untuk pengembangan pada awalnya masih berupa konsep abstrak yang terlintas dalam pikiran. Anda dapat mewujudkan konsep abstrak tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk gambar sketsa, kemudian gambar sketsa diteliti, dievaluasi secara berulang-ulang sehingga didapatkan gambar-gambar baru yang sempurna.

Fungsi Gambar bagi Orang Teknik1

Fungsi Gambar bagi Orang Teknik1

Dengan demikian, Fungsi Gambar bagi Orang Teknik gambar tidak hanya melukiskan gambar, tetapi berfungsi juga sebagai peningkat daya berfikir, sekaligus untuk penuangan gagasan-gagasan baru untuk pengembangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *