Standardisasi Gambar Teknik

Untuk mempelajari standardisasi gambar teknik mesin, ada baiknya memahami dulu pengertian dan fungsinya dalam dunia manufaktur. Secara umum,  gambar dapat diartikan sebagai bahasa komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan ide/pemikiran menjadi bentuk yang dapat dibaca dan dimengerti. Sedangkan gambar teknik adalah gambar yang digunakan untuk berkomunikasi di bidang keteknikan. Sehingga secara lengkap gambar teknik mesin diartikan sebagai aturan/tata cara pembuatan gambar-gambar keteknikan pada teknik mesin menurut standar yang berlaku.
Gambar teknik harus dapat dimengerti dan dipahami oleh semua pelaku teknik di seluruh dunia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka diperlukan bahasa atau aturan baku/standar yang berlaku secara internasional. Sebuah organisasi internasional yang bernama ISO (International Organization for Standardization) telah membuat standar baku gambar teknik dengan bahasa keteknikan yang disepakati pelaku teknik. Sehingga designer (perancang), drafter (juru gambar), dan operator (pabrikan) harus dapat mengetahui dan mendalami standardisasi gambar teknik yang berlaku internasional sehingga fungsi gambar sebgai bahasa komunikasi dapat tercapai. Dan selanjutnya sedapat mungkin mengikuti perkembangan aturan-aturan ISO, karena setiap kurun waktu tertentu mengalami perubahan yang disesuaikan kebutuhan pelaku teknik.

Kertas
Referensi :

ISO 128 Technical Drawings – General Principles of  Presentation
ISO 216 Writing Paper and Certain Classes of Printed Matter – Trimmed Sizes – A and B series
ISO 3099/1 Technical Drawings – Lettering – Part 1 : Currently Used Character

Ukuran Kertas

Ukuran dasar kertas gambar berpatokan pada A0 dengan luas 1 m2. Perhitungan berikut ini merupakan dasar penentuan ukuran panjang dan lebar kertas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *