Pentingnya Membaca Gambar Teknik

Sobat kursuscnc.com, dalam dunia engineering atau lebih dikenal dengan istilah dunia teknik, baik itu teknik industri, teknik sipil, teknik mesin, teknik arsitektur, tentunya sudah mengenal apa yang disebut dengan gambar teknik. Gambar teknik ini merupakan bagian yang sangat penting dalam perkembangan dunia teknik, khususnya teknik mesin. Gambar teknik ini merupakan “bahasa pemersatu”, sebagai alat komunikasi antara perancang (desainer), drafter dan operator. Perancang membuat suatu part atau suatu alat yang kemudian dibuatkan gambarnya oleh drafter, drafter berusaha menterjemahkan apa yang diinginkan oleh desainer.

Sebagai suatu alat komunikasi, gambar teknik mengandung maksud tertentu, perintah-perintah atau informasi dari pembuat gambar (perencana) untuk disampaikan kepada pelaksana atau pekerja di lapangan (bengkel) dalam bentuk gambar kerja yang dilengkapi dengan keterangan-keterangan berupa kode-kode, simbol-simbol yang memiliki satu arti, satu maksud, dan satu tujuan.

Sebagai bahasa teknik, tentunya memerlukan standar yang bisa dijadikan acuan untuk menyamakan bahasa sehingga memudahkan pihak-pihak yang terlibat didalamnya untuk memahami, mengerti dan dapat menerapkan apa yang sudah digambarkan dalam gambar teknik tersebut, itu dinamakan standarisasi.

Ada beberapa macam standarisasi yang umumnya digunakan para insan teknik, di dunia ini badan standard yang sering kita dengar diantaranya JIS kependekan dari Japanese Industrial Standard merupakan badan standardisasi jepang. ISO kependekan dari International Organisation for Standardization merupakan badan standardisasi internasional yang bermarkas di Geneva, Swiss. Standard iso merupakan standard yang paling banyak dipakai diseluruh dunia. Dan masih banyak lagi badan standardisasi termasuk di indonesia ada SNI yaitu standard nasional indonesia.

 

Dalam membuat suatu part atau barang, tentunya diperlukan keterampilan untuk dapat membaca gambar teknik, karena keterampilan membaca gambar teknik ini mutlak perlunya dalam menerjemahkan apa yang digambarkan dalam gambar teknik tersebut agar dapat menghasilkan barang/alat teknik yang sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam gambar teknik itu.

Dengan memiliki keterampilan membaca gambar, maka akan lebih ,mudah untuk membuat barang yang diinginkan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan perancang dan mempermudah memproduksi barang yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *