Apa itu Proyeksi dalam Gambar Teknik

Sobat kursuscnc.com, banyak yang bertanya-tanya apa itu proyeksi dalam gambar teknik, ini dia penjelasannya. Proyeksi adalah gambar  dari suatu benda nyata atau khayal, yang dilukiskan  menurut garis  garis pandangan pengamat pada  suatu bidang datar. Atau dalam kata lain proyeksi ini adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menggambarkan PENGLIHATAN MATA kita dari suatu BENDA TIGA DIMENSI kedalam kertas gambar secara DUA DIMENSI sehingga apa yang dilihat atau dipandang sesuai dengan penglihatan mata kita.

Terdapat beberapa macam cara menggambar proyeksi yang terbagi dalam dua kelompok yaitu proyeksi piktorial dan ortogonal

Proyeksi piktorial adalah suatu cara menampilkan gambar benda yang mendekati bentuk dan ukuran sebenarnya secara tiga dimensi, dengan pandangan tunggal.

Proyeksi piktorial sendiri terdiri dari 3 macam yaitu proyeksi aksonometri, proyeksi miring dan perspektif.

Proyeksi Aksonometri adalah proyeksi menggambar benda dengan ketentuan sudut proyeksi dan skala pemendekan yang telah ditetapkan melalui proyeksi isometri, dimetri dan trimetri.

Proyeksi isometri ialah suatu proyeksi yang mempunyai perbandingan panjang antara ketiga sumbunya, yaitu x : y : z adalah 1 : 1 : 1, sedangkan jarak antar sumbu membentuk sudut sebesar 120 derajat. Pada proyeksi ini ciri yang paling mendasar adalah besar sudut antara sumbu x dan y terhadap garis mendatar adalah 30 derajat.

Proyeksi Dimetri adalah bagian dari proyeksi aksonometri dengan ketentuan untuk skala pemendekan dengan arah sumbu x, y dan z  minimal dua arah sumbu memiliki besar pemendekan yang sama sedangkan kedua sudut proyeksi boleh sama atau tidak sama sekali.

Proyeksi trimetri adalah proyeksi dengan skala pendekatan tiga sisi dan tiga sudut tidak sama.

Proyeksi orthogonal adalah proyeksi suatu titik, garis, bidang, dan benda terhadap suatu bidang proyektor yang tegak lurus terhadap bidang proyektornya .

Proyeksi orthogonal terdiri dari dua macam yaitu proyeksi eropa dan proyeksi amerika.

Proyeksi eropa disebut juga proyeksi sudut pertama atau proyeksi kwadran I. Proyeksi Eropa merupakan proyeksi yang letaknya terbalik dengan arah pandangnya.

Proyeksi Amerika adalah benda yang akan digambar seolah-olah diletakkan di dalam peti ysng sisi-sisinya tembus pandang sebagai bidang proyeksi seperti gambar di bawah. Pada tiap-tiap bidang proyeksi akan tampak gambar pandangan dari benda menurut arah pandangan yang ditunjukkan oleh arah panah.

Untuk lebih detailnya dapat dilihat pada artikel terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *