Gambar Teknik sebagai Sumber Ide untuk Pengembangan

Sobat kursus CNC, setelah mendapatkan ide untuk pembuatan benda, biasanya perancang menumpahkan idenya ke dalam gambar teknik. Gambar teknik ini menyimpan data detail dari bentuk, ukuran, simbol dan pengerjaan. Informasi ini merupakan data otentik dari benda, sehingga gambar teknik ini menyimpan data teknik dari benda tersebut. Saat akan melakukan perubahan atau perbaikan dari desain benda, gambar teknik sebagai sumber ide untuk pengembangan dijadikan referensi sehingga pengembangan yang dilakukan berdasarkan referensi yang sudah ada yaitu gambar teknik tadi.

Seiring dengan perkembangan jaman, maka gambar teknik yang tadinya hanya sebuah gambar konsep berubah menjadi fungsi gambar “untuk menyampaikan informasi” dan “cara berpikir”. Selain itu gambar teknik menjadi dokumentasi sumber informasi untuk pengembangan. Standar yang digunakan harus standar gambar yang berlaku untuk umum.

Dalam perencanaan, konsep abstrak yang melintas dalam pikiran diwujudkan dalam bentuk gambar melalui proses. Masalahnya pertama-tama dianalisa dan disintesa dengan gambar. Kemudian gambarnya diteliti dan dievaluasi. Proses ini diulang-ulang, sehingga dapat dihasilkan gambar-gambar yang sempurna.

Gambar ini dapat dievaluasi untuk desainnya, apakah perlu dilakukan penambahan, pengurangan atau perubahan. Berdasarkan gambar yang sebelumnya, perancang dapat mengembangkan idenya untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Oleh karena itu gambar bukan saja diawetkan untuk mensuplai bagian-bagian produk untuk perbaikan (reparasi) atau untuk diperbaiki, tetapi gambar-gambar diperlukan juga untuk disimpan dan dipergunakan sebagai bahan informasi untuk rencana-rencana baru mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *