Tips untuk Memudahkan Belajar Membaca Gambar Teknik

Dalam dunia teknik, membaca gambar teknik merupakan kompetensi yang sangat penting, khususnya operator CNC. Karena dengan membaca dan memahami gambar teknik, pengerjaan dapat lebih terarah dan memudahkan dalam menghasilkan benda yang sesuai spesifikasi yang diinginkan. Sebaliknya jika keterampilan membaca gambar teknik kurang, maka pengerjaan menjadi lebih lama dan bertele-tele serta menghasilkan benda yang kurang tepat dan patinya kualitas akan menurun.

Membaca gambar teknik memang diperlukan keterampilan khusus yang tidak semua orang dapat membaca dan membayangkan bentuk aslinya. Tetapi membaca gambar teknik ini tidaklah sulit asalkan terus berlatih dan mengasah keterampilan teknik kita.

Berikut adalah tips untuk memudahkan belajar membaca gambar teknik :

  • Membiasakan Diri Anda dengan Gambar Teknik

Seperti belajar naik sepeda, anda akan membiasakan belajar menaiki sepeda terus menerus sehingga ditemukan cara sendiri agar bisa mengendarai sepeda, walau tidak bisa secara instan, tapi perlu proses ada jatuh, sepeda rusak dan lain-lain. Begitu juga dengan membaca gambar teknik, biasakan untuk berlatih dan berlatih menggambar teknik, mungkin dari benda yang sederhana dulu, lama-lama kemudian mengerjakan benda yang lebih sulit, ada peribahasa “alah bisa karena biasa”, jadi bisa membaca gambar teknik karena sudah terbiasa menggambar dan membaca gambar teknik. Setuju apa setuju banget??

  • Pahamilah fungsi dan kegunaan benda dalam gambar.

Bila kita perhatikan pada gambar teknik selalu mencantumkan nama dan judul gambarnya. Maka dari itu pahamilah fungsi dan kegunaan gambar tersebut secara detail dan seksama. Jika anda tahu fungsi dan cara kerjanya akan sangat membantu dalam membaca gambar teknik.

  • Pahami simbol dan istilah.

Gambar teknik ini memuat simbol-simbol dan istilah teknis yang menerangkan sifat benda dan cara pengerjaan. Membaca gambar teknik tanpa memahami simbol dan istilah – istilahnya sangatlah mustahil. Istilah dan simbol merupakan suatu ikatan yang mutlak dipahami jika anda ingin membaca gambar teknik.

  • Bertanyalah jika anda tidak mengerti.

Untuk operator CNC, memiliki kemampuan membaca gambar teknik sangat mutlak diperlukan, namun tidak bisa sekaligus bisa dan pastinya banyak hal-hal yang membingungkan,dan jika anda tidak paham atau kurang mengerti gambar teknik, alangkah baiknya jika anda bertanya kepada orang yang lebih pandai dan mengerti gambar teknik. Hal ini akan mempersingkat waktu dan tepat sasaran. Bayangkan saja jika anda tidak mengerti namun hanya diam, apa yang akan terjadi? Anda hanya akan berputar – putar pada masalah yang sama tanpa menemukan jalan keluarnya. Jadi janganlah malu-malu untuk bertanya, karena malu bertanya sesat di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *