Begini Cara Menggambar Proyeksi Ortogonal

Sobat kursus CNC, untuk menggambar proyeksi dari bentuk gambar isometris, gambar proyeksi adalah proyeksi ortogonal.  Proyeksi ortogonal adalah gambar proyeksi yang bidang proyeksinya mempunyai sudut tegak lurus terhadap proyektornya. Garis-garis yang memproyeksikan benda terhadap bidang proyeksi disebut proyektor. Dan begini cara menggambar proyeksi ortogonal

Selain proyektor tegak lurus terhadap bidang proyeksinya juga proyektor-proyektor tersebut sejajar satu sama lain. Ada dua cara dari menggambar proyeksi antara lain

Proyeksi Amerika

Proyeksi Amerika biasanya sering disebut sudut ketiga dan juga ada yang menyebutkan proyeksi kuadran III. Proyeksi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya. Berikut contoh gambar dibawah ini :


Keterangan :
A : Pandangan depan.
B : Pandangan atas.
C : Pandangan kiri.
D : Pandangan kanan.
E : Pandangan bawah.
F : Pandangan belakang.

Berikut ini contoh proyeksi Amerika

Untuk proyeksi amerika, penampakan dari depan, atas dan kanan, sehingga dapat Proyeksi Amerika dikatakan juga proyeksi sudut ketiga dan juga ada yang menyebutkan proyeksi kuadran III.

Proyeksi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya.

Proyeksi Eropa Proyeksi Eropa disebut juga dengan sudut pertama, dan ada juga yang menyebutkan proyeksi kuadran I. perbedaan sebutan ini tergantung dari masing-masing pembaca, dapat diketahui proyeksi ini merupakan letak proyeksi bidangnya terbalik dengan arah pandangannya, berikut contoh gambar dibawah ini :

Keterangan :
A : Pandangan depan.
B : Pandangan atas
C : Pandangan kiri
D : Pandangan kanan
E : Pandangan bawah
F : Pandangan belakang.

Proyeksi Eropa hanya digunakan pada bidang dari suatu benda tiga dimensi agar memberikan informasi lebih detail, letak bidang yang diproyeksi dengan proyeksi Eropa terbalik dengan arah pandanganya.
Berikut ini contoh gambar Eropa


Untuk pemilihan pandangan depan dari benda yang disajikan dalam gambar adalah sangat penting, karena pandangan dapat langsung memberikan keterangan bentuk benda yang sebenarnya dan jumlah pandangan dapat ditentukan oleh pandangan depan tersebut. Pandangan depan tidak selalu berarti bagian depan dari benda itu sendiri pandangan depan adalah bagian benda yang dapat memberikan cukup keterangan mengenai bentuk khas dan fungsinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *