Penjelasan Gambar Potongan Penuh di Gambar Teknik

Sobat kursusCNC.com, penyajian gambar potongan secara penuh dilakukan pada benda yang sama dan seimbang dan dibagi oleh satu sumbu untuk benda yang terbagi rata secara seimbang. Pada gambar potongan penuh seluruh badan benda dipotong kemudian separuh dari benda seolah-olah dihilangkan (gambar di bawah)

Yang harus diperhatikan dalam pemotongan benda secara penuh harus dilakukan pada benda yang sama dan seimbang dan dibagi oleh satu sumbu (A – A) untuk membagi benda secara seimbang, dengan pemotongan secara sama tersebut, dapat digambarkan kondisi dalam dari benda tersebut dan memudahkan untuk pemberian ukuran dan detail pengerjaan pada gambar teknik.

Dengan penyajian gambar potongan penuh ini, dapat dilihat bagian dalam secara utuh  dan arsiran diberikan pada kedua bagian sama rata seperti gambar diatas.

Benda seolah-olah dipotong  dengan bidang potong dengan sumbu yang sama, menghasilkan bidang hasil pemotongan yang menunjukkan rumit atau tidaknya bentuk di dalam benda tersebut.

Dengan diketahuinya kondisi bagian dalam tersebut, dapat memudahkan operator untuk melakukan pengerjaan dan pengukuran detail bagian dalam dari benda kerja.

Gambar potongan penuh ini termasuk penyajian gambar potongan sederhana karena cukup menentukan sumbu bidang pemotongan dan bagian yang dilakukan pemotongan memiliki bentuk sama dan seimbang sehingga memudahkan untuk menggambarkan bagian dalam yang lengkap dan detail sesuai dengan apa yang digambarkan dari luar benda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *