Gambar Potongan Benda Tipis

Sobat Kursus CNC, untuk benda-benda tipis seperti pelat, baja profil, paking, dan sebagainya, potongannya atau penampangnya digambarkan dengan garis tebal atau bidang bekas potongan seluruhnya dihitamkan (gambar bawah). Apabila benda tipis ini berupa bagian-bagian yang disusun berhimpitan, maka bekas himpitannya dibiarkan putih (gambar b dan c)

Benda – benda tipis ini termasuk dalam bagian gambar yang tidak boleh dipotong. Bagian-bagian benda rusak seperti rusak penguat tidak boleh dipotong dalam arah memanjang. Begitu pula benda-benda seperti baut, paku keling, pasak, poros dan sebagainya. Tidak boleh memotong dalam arah memanjang. hal ini memperlihatkan sebuah benda yang dipotong, tetapi terdapat berbagai bagian benda yaitu sirip dan beberapa benda lain yaitu poros, pasak, baut dan sebaginya yang tidak boleh dipotong.

Berikut adalah benda-benda yang tidak boleh dipotong

  • Benda-benda yang tidak boleh dipotongyaitu benda-benda pejal, misal : poros pejal, jari-jari pejal dan semacamnya (lihat Gambar Bawah).
  • Benda-benda tipis, misal: pelat-pelat penguat pada dudukan poros dan pelat penguat pada flens (lihat Gambar bawah bagian b).

Bagian-bagian yang tidak boleh dipotong tersebut yaitu bagian-bagian yang tidak diarsir.
Berikut contoh gambar dibawah ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *