Aturan-aturan Dasar Penunjukan Ukuran

Sobat kursus CNC, dalam penunjukan ukuran ada aturan yang harus dilakukan karena hal ini sudah distandarisasi. Berikut adalah aturan-aturan dasar penunjukan ukuran

  • Pandangan yang Harus Diberi Ukuran-ukuran Utama

Ukuran-ukuran utama yaitu ukuran yang menentukan bentuk khas atau fungsi benda, harus ditempatkan pada pandangan atau potongan yang memberikan bentuk pada kerja paling jelas. Pandangan yang diberi ukuran-ukuran utama itu biasanya dipilih pandangan depan.

Ukuran-ukuran ditempatkan sebanyak mungkin pada pandangan depan. Sedangkan ukuran lainnya dapat ditempatkan pada pandangan depan. Gambar di bawah memperlihatkan contoh di mana ukuran-ukuran utama ditempatkan pada pandangan depan.

  • Komponen-komponen Penunjukan Ukuran

Untuk penunjukan ukuran diperlukan: garis ukur, garis batas, angka ukuran, simbol ukuran, dan kadang-kadang garis bantu ukuran. Komponen-komponen penunjukan ukuran tersebut diperlihatkan pada gambar bawah

  • Arah Angka Ukuran

Hampir seluruh penunjukan ukuran pada gambar posisinya horizontal dan vertikal. Ukuran dengan posisi horizontal harus dapat dibaca dari arah bawah dan yang vertikal harus dibaca dari arah kanan (gambar bawah)

Untuk angka ukuran yang tidak horizontal maupun vertikal maka penulisannya harus disesuaikan dengan posisi garis ukurnya (gambar bawah). Sedapat mungkin dihindari penunjukan ukuran pada posisi bagian yang diarsir, yaitu daerah antara sudut 30o .

Sedangkan untuk ukuran sudut posisi penunjukan ukurannya seperti diperlihatkan pada gambar bawah.

  • Ukuran Fungsional, Bukan Fungsional dan Tambahan

Ukuran-ukuran dalam suatu gambar dapat digolongkan menurut ukuran fungsional (F), ukuran bukan fungsional (NF) dan ukuran tambahan  (A). Pengertiannya adalah sebagai berikut : (gambar bawah)

  • Satuan Ukuran dan Tanda Desimal

Semua ukuran dalam gambar menggunakan satuan milimeter (mm). Untuk ukuran sudut menggunakan satuan derajat (0), menit (‘), detik (“). Contoh : 600, 30,50 ; 30’250 ; 70025’50”; 1500’30”.

Contoh penulisan ukuran yang nilainya besar dan yang menggunakan tanda desimal: 10.000; 1.500;12,00;135,25

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *