Penunjukan Ukuran pada Bagian-bagian Dalam Susunan

Sobat kursus CNC, dalam memberikan ukuran pada gambar kerja sangat banyak ketentuanketentuan yang harus diperhatikan, karena bentuk atau bagian benda itu juga sangat beragam. Misalnya; silinder, bola, segi empat, radius, tirus, dan lain-lain. Agar lebih mudah dimengerti dan dipahami maka akan disajikan contoh-contoh sekaligus dalam menerapkan ketentuan-ketentuan dalam memberikan ukuran pada gambar kerja.

1. Garis penunjukan ukuran dan garis bantu ukuran adalah garis tipis, garis sumbu, garis tebal, garis putus-putus tidak boleh dijadikan garis penunjukan ukuran.

Gambar a : Pemberian ukuran
Gambar b : Pemberian ukuran

2. Garis ukuran sedapat mungkin dibuat diluar gambar benda, agar tidak kelihatan ruwet. Tetapi tidak boleh memberikan kesan terlalu jauh dari bagian yang diberi ukuran.

3. Garis penunjukan sedapat mungkin tidak saling potong memotong tetapi menyebabkan terlalu jauh dari bagian yang diberi ukuran dan memberi kesan kurang jelas.

Gambar : Garis ukuran tidak berpotongan

Angka ukuran dengan ukuran 3 mm, ditaruh garis penunjukan ukuran ± 0,5 – 0,8 mm, kira-kira ditengah-tengah.

Garis bantu ukuran dibuat melebihi garis penunjukan ukuran kurang lebih satu mm.

Gambar : Garis Ukuran dilebihkan 1 mm

Ada kalanya beberapa bagian benda digambar langsung dalam susunannya (rakitan). Ukuran-ukuran tiap bagiannya sedapat mungkin harus dipisahkan, seperti ditunjukkan gambar di bawah.

Pemberian ukuran bagian-bagian dalam susunan (rakitan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *