Sistem Basis Suaian

Dari penjelasan mengenai prinsip tiga jenis suaian di atas (suaian longgar, pas dan sesak), sesungguhnya untuk satu jenis suaian saja dapat berkembang menjadi banyak jenis suaian dengan menggunakan berbagai kombinasi kedudukan daerah toleransi poros, tanpa mempedulikan posisi daerah-daerah toleransi tersebut terhadap garis nol. Untuk mengurangi banyaknya kombinasi yang mungkin dilakukan, maka pada sistem ISO telah ditetapkan dua sistem basis suaian, yaitu sistem basis lubang (hole basis system) dan sistem basis poros (shaft basis system).

Pada sistem basis lubang, penyimpangan bawah dari toleransi lubang selalu bernilai nol (EI=0), sedangkan untuk sistem basis poros penyimpangan atas dari toleransi poros selalu bernilai nol (es=0), seperti ditunjukkan gambar bawah.

Dalam praktek, sistem basis lubang lebih umum digunakan daripada sistem basis poros, mengingat pembuatan lubang lebih sukar dibanding pembuatan poros. Di samping itu alat ukur lubang (hole gauge) lebih mahal daripada alat ukur poros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *