Cara Menggunakan Jangka Sorong

Sobat kursus CNC, dalam menggunakan jangka sorong terdapat beberapa cara yaitu untuk mengukur diameter luar, mengukur diameter dalam, kedalaman lubang dan banyak lagi. Berikut ini beberapa cara menggunakan jangka sorong.

  • Ukuran Luar
  1. Gunakan bagian dalam dari mulut pengukur (seperti dalam gambar) untuk mencegah kesalahan pada bagian muka
  2. Gunakan rahang pisau, kesalahan terjadi bila menggunakan rahang yang tidak berbentuk pisau
  3. Mengukur tegak lurus kepada pusat (seperti pada gambar) dari poros-poros tersebut, akan mendapatkan hasil yang benar.
  • Ukuran Dalam
  1. Mengukur dengan bagian luar dari rahang pengukur ditambah tebal dari rahang itu sendiri

X = ukurannya

Y = bacaannya

Jadi ukurannya = y + (2 x 5) = y + 10 mm

  • Lubang yang lebih kecil dari 10 mm diukur dengan rahang silang
  • Untuk mengukur kedalaman, gunakanlah batang kedalaman dalam posisi tegak lurus
  • Ukuran kedalaman
  1. Taruhlah benda yang mau diukur dengan posisi tegak berdiri.
  2. Selanjutnya putarlah jangka dengan (posisi tegak) lalu letakkan bagian ujung jangka sorong pada permukaan tabung (benda yang mau diukur bagian dalamnya).
  3. Geserlah rahang jangka kebawah sampai ujung batang jangka sorongnya menyentuh sampai pada dasar gelas tersebut. Setelah itu, catatlah hasil pengukurannya.

Cara Membaca Jangka Sorong

Perhatikan hasil pengukuran diatas. Cara membaca jangka sorong untuk melihat hasil pengukurannya hanya dibutuhkan dua langkah pembacaan:

Membaca skala utama: Lihat gambar diatas, 21 mm atau 2,1 cm (garis merah) merupakan angka yang paling dekat dengan garis nol pada skala vernier persis di sebelah kanannya. Jadi, skala utama yang terukur adalah 21mm atau 2,1 cm.

Membaca skala vernier: Lihat gambar diatas dengan seksama, terdapat satu garis skala utama yang yang tepat bertemu dengan satu garis pada skala vernier. Pada gambar diatas, garis lurus tersebut merupakan angka 3 pada skala vernier. Jadi, skala vernier yang terukur adalah 0,3 mm atau 0,03 cm.

Untuk mendapatkan hasil pengukuran akhir, tambahkan kedua nilai pengukuran diatas. Sehingga hasil pengukuran diatas sebesar 21 mm + 0,3 mm = 21,3 mm atau 2,13 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *