Yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan Mikrometer

Sobat kursus CNC, mikrometer adalah alat ukur yang mengukur benda dengan ketelitian hingga 0,01 mm, sehingga sangat presisi. Dalam penggunaannya pun harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan micrometer adalah :

1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan benda ukur dan mulut ukur dari kotoran yang mengganjal.

2. Pastikan kedudukan nol dari micrometer harus diperiksa sebelum dipakai.

3. Masukan benda ukur ke mulut ukur dengan perlahan – lahan. Perhatikan cara pemegangannya pada gambar dibawah.

4. Pada saat mengukur penekanannya jangan terlalu keras , karena dapat menyebabkan kesalahan ukur akibat adanya kerusakan dari benda ukur/ dari alat ukurnya.

Keakuratan micrometer sangat tergantung pada perawatan dan penggunaannya. Operator yang baik akan menyimpan micrometer pada tempat yang bebas dari debu atau kontak dengan beram. Micrometer hendaknya tidak disimpan pada laci atau pada kotak bersamaan dan bertumpuk dengan alat lain yang lebih berat. Micrometer juga perlu dilumasi dengan oli yang mempunyai grade untuk mencegah dari karat dan korosi. Keakuratan micrometer harus dicek secara berkala. Untuk mengetahui akurasi dari micrometer dapat dilihat dari posisi garis nol pada thimble dan garis indeks horizontal pada barrel. Ini dillakukan dengan memutar thimble sehingga spindle merapat pada anvil. Jika garis nol pada thimble segaris dengan garis index horizontal dari barrel, dapat disimpulkan micrometer tersebut akurat. Apabila garis nol dengan garis index horizontal tidak terletak segaris, maka micrometer tersebut memerlukan penyetelan (adjustment). Kalibrasi micrometer dapat dilakukan dengan menggunakan gage block dan dengan pengamatan secara optik menggunakan optical flat dengan sinar monokromatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *