Yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan Dial Indicator

Sobat kursus CNC, dial indicator adalah salah satu alat ukur yang memiliki ketelitian yang tinggi, sehingga untuk menjaga agar alat ukur ini tetap bekerja dengan baik diperlukan kehati-hatian dalam menggunakannya.

Fungsi pengukuran adalah untuk melihat kondisi komponen yang ada dengan membandingkan nilai spesifikasi komponen yang baik. Dengan pengukuran yang baik dan benar, maka kita dapat mendiagnosis sebuah komponen apakah layak dipakai atau tidak. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum pengukuran.


Poin-poin untuk diperhatikan saat mengukur:

  • Masukkan alat pengukur ke part yang hendak diukur pada sudut yang tepat
  • Dapatkan sudut yang tepat dengan menekan alat pengukur saat menggerakkannya melawan part yang hendak diukur
  • Saat membaca nilai pengukuran, pastikan bahwa tingkat mata Anda berada pada sudut yang tepat pada cakra angka (dial) dan penunjuk. 

Agar alat ukur dapat dipakai dengan maksimal, maka kita harus merawat dan meletakkan alat ukur sesuai dengan fungsinya masing-masing. Karena jika kita salah dalam merawatnya, maka kemungkinan besar alat tersebut ketika dipakai tidak akan maksimal. 

Oleh karena berikut ini yang harus anda lakukan dalam pewaratan alat-alat ukur : 

  • Jangan menjatuhkan atau memukulnya. Hal ini untuk alat-alat yang  presisi, karena  dapat merusak bagian dalam part
  • Dial indikator sebaiknya disimpan ditempat yang suhu dan kelembabannya stabil. Hindari menggunakan atau menyimpannya pada temperatur tinggi atau kelembaban tinggi. Alat tersebut dapat berubah bentuk bila berada pada temperatur tinggi Bersihkan alat setelah menggunakannya, dan letakkan ke posisi semula. Letakkan alat hanya setelah dibersihkan dari oli atau limbah produk. Semua alat yang digunakan harus dikembalikan ke kondisi semula, dan perlengkapan dengan kotaknya harus diletakkan di dalam kotaknya. Alat-alat pengukur harus disimpan di tempat yang telah ditentukan.
  • Bersihkan dial indikator dari debu atau kotoran pada poros peraba atau batang pengukur sebelum dan sesudah pemakaian.
  • Dial indikator sebaiknya disimpan pada tempat yang aman dan jauh dari getaran-getaran, karena dial indikator mudah pecah/rusak.
  • Untuk menjaga ketelitian dial indicator, lakukan kalibrasi secara teratur.

Cara kalibrasi :

  1. Letakkan dial indikator pada tempat yang datar.
  2. Lihatlah skala utama dan skala nonius.
  3. Jika di skala utama tidak menampilkan angka 0 (nol), maka putar skrup pengkalibrasi searah jarum jam atau sebaliknya, tergantung pada keperluan, sampai jarum skala utama menunjukkan angka 0 (nol). Lakukan hal yang sama pada skala nonius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *