Alat – alat dan Fasilitas Kerja Bangku

Sobat kursus CNC, dalam melaksanakan kerja bangku, tentunya diperlukan alat-alat dan fasilitas yang mendukung pekerjaan bangku. Semua teknisi yang bekerja pada bengkel kerja mesin harus dapat menggunakan semua peralatan tangan yang ada di bengkel baik berupa perkakas mesin maupun perkakas tangan.

Alat – alat yang digunakan untuk kerja bangku diantaranya adalah :

  • Kikir : suatu alat untuk mengikir benda kerja agar diperoleh permukaan yang rata dan yang dilakukan dengan tangan. Material kikir adalah dari baja karbon tinggi / baja special. Alat ini digunakan untuk mengurangi sebagian material dengan jalam memarut sehingga menjadi rata, cekung, cembung, bulat dan lainnya.
  • Ragum

Digunakan untuk menjepit benda kerja saat melaksanakan pekerjaan mekanik seperti mengikir, menggergaji, mengebor, memahat dan lain – lain. Agar benda kerja tidak mengalami kerusakan / luka maka pada mulut ragum dilengkapi dengan vice klem.

Pemasangan ragum pada meja kerja harus disesuaikan dengan tinggi pekerja yang akan bekerja. Sebagai patokan adalah apabila ragum dipasang pada meja kerja, maka tinggi mulut ragum harus sebatas siku dari pekerja pada posisi berdiri sempurna.

  • Gergaji (Hacksaw)

Gergaji besi adalah alat untuk memotong benda kerja panjang dengan ukuran yang telah ditentukan. Adapun bagian gergaji adalah :

  • Jangka Penggores

Jangka penggores mempunyai fungsi yang sama dengan penggores biasa, kelebihannya yaitu bisa membuat dua garis lurus yang sejajar, hal ini untuk memudahkan saat memberi tanda pada benda kerja dengan ukuran yang sama.

Terdiri dari tiga jenis jangka penggores yaitu : ØJangka penggores lurus untuk menandai garis sejajar diatas permukaan. ØJangka penggores permukaan dalam (inside) untuk membuat garis kedua permukaan pada bagian dalam contohnya pada besi profil U. Jangka penggores permukaan luar (out side) untuk memberi garis pada keduapermukaan benda kerja tepi kanan dan kiri.

MEJA PERATA (surface table)


Meja Perata ini berfungsi untuk menguji kerataan permukaan. Selain itu meja datar di gunakan untuk meletakkan benda kerja serta alat-alat menggambar.

CAP (STAMP)

Stempel terbuat dari baja paduan yang tidak dikeraskan karena sifatnya harus ulet (tought) dan cukup keras bisa mengalahkan benda yang distempel. Stampel adalah alat yang digunakan untuk mencetak angka – angka atau huruf pada benda kerja.

PAHAT (CISLE)

Pahat, adalah peralatan yang sangat penting dalam kerja bangku. Peralatan tersebut merupakan peralatan pokok untuk membuat celah sambungan, melubangi dan membentuk benda kerja. Pahat untuk membuat celah dan melubangi harus dipukul dengan palu.

PENITIK (SCRIBER)

Penitik adalah alat yang digunakan untuk membuat lubang pada benda kerja.

PENGGORES (SCRATCHER)

Penggores (alat gores) adalah suatu alat untuk menarik garis-garis gambar pada permukaan benda kerja yang akan di kerjakan selanjutnya.

MISTAR BAJA (steel ruler)

Mistar baja adalah alat ukur yang terbuat dari baja tahan karat.

Penyiku

Penyiku adalah siku-siku yang digunakan untuk menyiku benda kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *