Jenis Kerja Bangku

Sobat kursus CNC, walaupun kita akan selalu membahas mengenai mesin CNC. Kita sedikit membahas mengenai kerja bangku, ada beberapa hal yang akan kita bahas mengenai kerja bangku ini. Diantaranya adalah jenis-jenis kerja bangku.

Kerja bangku adalah segala aktivitas proses produksi yang dikerjakan secara manual, tanpa menggunakan mesin, dikerjakan di atas meja kerja. Kerja bangku adalah teknik dasar yang harus dikuasai dalam mengerjakan benda kerja secara manual. Pekerjaan kerja bangku melakukan penekanan pada pembuatan benda kerja dengan alat tangan, dan dilakukan di bangku kerja.

Intinya adalah pekerjaan bangku ini masih menggunakan tenaga manusia dalam pengerjaannya, untuk itu diperlukan ketelitian, kekuatan, sikap kerja yang benar dan penggunaan alat-alat yang tepat.

Di dunia teknik, pekerjaan bangku ini terdiri dari beberapa jenis kerja diantaranya :

  • Proses meratakan permukaan, membuat chamfer ; dengan pengikiran. Mengikir adalah salah satu kegiatan meratakan permukaan benda kerja hingga mencapai ukuran, kerataan dan kehalusan tertentu dengan menggunakan kikir yang dilakukan dengan tangan.
  • Proses pemotongan; yaitu proses penggergajian. Menggergaji adalah kegiatan memotong benda padat. Penggergajian dilakukan dengan perkakas yang disebut sebagai gergaji (saw). Pada material kayu, penggergajian dilakukan dengan handsaw. Sedangkan pada material logam, penggergajian dilakukan dengan hacksaw.
  • Proses pelubangan : pengeboran. Mengebor adalah kegiatan membuat lubang atau alur dengan menggunakan alat pengebor dengan tangan maupun mesin. Mesin bor yang digunakan pada kerja bangku ada 2 jenis yaitu mesin bor bangku untuk pekerjaan yang kecil sampai sedang dan mesin bor tiang untuk pekerjaan yang lebih besar.
  • Proses pembuatan ulir : pengetapan ( tap ) dan penyenaian ( snei ) . Tap adalah untuk membuat ulir dalam (mur),

sedangkan Sney adalah untuk membuat ulir luar (baut). 

  • Penandaan dengan penitik dan penggores . Menggambar adalah kegiatan memberi tanda atau menggores suatu bentuk pada benda kerja. Kegiatan ini selalu dilakukan sebelum anda memotong suatu benda. Alat yang dapat digunakan untuk menggambar antara lain: penggores, penitik, mistar, pensil, kapur, dll.
  • Pengukuran; pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur, memastikan benda yang dibuat sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam gambar atau perencanaan. Alat ukur yang digunakan diantaranya : mistar, jangka sorong, mikrometer, dial indicator, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *