Teknik Kerja Bangku : Menggergaji

Sobat kursus CNC, salah satu kegiatan kerja bangku adalah menggergaji. Teknik kerja bangku ini merupakan yang sering dilakukan dalam praktek kerja bangku. Menggergaji adalah kegiatan memotong benda padat. Penggergajian dilakukan dengan perkakas yang disebut sebagai gergaji (saw). Pada material kayu, penggergajian dilakukan dengan handsaw. Sedangkan pada material logam, penggergajian dilakukan dengan hacksaw.

Gergaji besi dengan fungsi untuk menggergaji lapisan besi atau besi tipis, karena bentuknya yang demikian beda dengan gergaji kayu, geriginya yang kecil dan ujung depan dan belakangnya ada pemuntir yang gunanya untuk mengencangkan dan menggendorkan gergaji besi. Gergaji besi terdiri dari “sengkang” dan “daun gergaji”,sengkang adalah pegangan untuk menggergaji sedangkan daun gergaji ada yang mempunyai gigi berbentuk lurus dan berbentuk zig-zag

Jenis daun gergaji dan fungsinya

Ada dua jenis daun gergaji yang sering digunakan dalam kerja bangku diantaranya :

  • Single cut, adalah jenis daun gergaji yang memiliki gerigi di satu sisi saja. Jenis daun gergaji ini digunakan untuk kedalaman yang tidak terbatas.
  • Double cut adalah jenis daun gergaji yang memiliki gerigi di kedua sisi. Kegunaannya maksimal kedalaman pemotongan sedikit di bawah gigi sebelah atas

Susunan gigi gergaji ada yang lurus atau bersilang. Bentuk gigi lurus dipakai pada pemotongan benda-benda yang tipis. Sedangkan gigi bersilang dipakai untuk memotong benda yang lebih tebal.

Tujuan gigi dibuat bersilang : agar tenaga untuk memotong tidak besar dan daun gergaji tidak terjepit sehingga macet.

Ketentuan banyak gigi tiap inci menunjukkan penggunaaan daun gergaji, seperti tercantum dalam tabel di bawah ini.

Mur Gergaji

Fungsi dari mur gergaji adalah untuk mengencangkan daun gergaji, sehingga ketegangan/kekencangan pengikatan daun gergaji tangan dapat diatur dengan mur ini.

Tangkai pemegang

Fungsi dari tangkai pemegang yaitu untuk tempat pemegang saat proses menggergaji berlangsung. Tangkai gergaji tangan pada umumnya mempunyai dua bentuk, yaitu tangkai bentuk pistol dan tangkai lurus.

Sebelum melakukan penggergajian, kedudukan gergaji harus menyudut ±15o terhadap benda kerja. Benda kerja sebaiknya  dibuat alur dulu sedikit menggunakan kikir segitiga. Langkah ini memantapkan gergaji hingga tidak meleset dari batas penggergajian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *