Jenis-jenis Kikir

Sobat kursus CNC, dari artikel Teknik kerja bangku – Mengikir kita dapat memahami apa itu pengerjaan mengikir, di sana sekilas dibahas mengenai spesifikasi kikir yang berdasarkan jenis gigi, kekasaran gigi, jenis penampang dan lain-lain. Di sini kita kupas tuntas mengenai jenis-jenis kikir.

Untuk jenis kikir dapat dibedakan berdasarkan hal-hal sebagai berikut :

  • Berdasarkan jenis gigi
  • Berdasarkan kode kekasaran gigi
  • Berdasarkan penampang
  • Berdasarkan ukuran panjang

Berdasarkan jenis giginya, kikir terdiri dari :

  1. Gigi Pahatan tunggal (Single cut)

Gigi pada kikir ini memiliki satu alur pahatan, gigi tunggal pemarutnya menyudut 65-85o. Digunakan untuk pekerjaan penyelesaian.

  1. Gigi Pahatan Silang

Gigi pada kikir ini memiliki dua alur yang saling menyilang, gigi kembar pemarutnya ada 2 jalur yang bersilangan. Satu jalur menyudut 40-45o dan jalur satunya menyudut 70-80o.

Kikir bergigi kembar umunya digunakan pada pekerjaan permulaan

  1. Gigi Pahatan Parut
  1. Gigi Pahatan Tunggal Cembung

Selain itu  kikir juga dibedakan menurut tingkat kehalusannya, yaitu kasar,sedang dan halus. Kikir kasar digunakan pada pekerjaan permulaan, sedangakan  kikir halus digunakan pada pekerjaan penyelesaian. Seperti dijelaskan pada tabel di bawah

Dan berdasarkan penampangnya, jenis kikir adalah sebagai berikut :

  1. Kikir Plat  / pipih (Flat file)

Biasannya bergigi tunggal, digunakan pada pengerjaan penyelesaian.

  • Kikir Setengah Bulat (Half round file)

Nama ini menunjukkan bahwa kikir ini bagian muka terdiri dari 2 macam bentuk, rata dan cembung. Digunakan untuk mengikir bagian-bagian yang cekung dan meratakan bidang datar pada umumnya.

  •  Kikir segi empat (Square file)

Kikir  ini bergigi kembar dan digunakan untuk membuat lubang dan alur segi 4

  • Kikir bulat (Round file)

Pada ukuran kecil, kikir ini bergigi tunggal, tapi pada ukuran besar bergigi kembar. Ujungnya bulat dan tirus, sehingga juga disebut kikir ekor tikus.

Digunakan  untuk membesarkan lubang, membuat alur bulat. Mengikir dengan kikir ini pada langkah kemuka hendaknya sambil diputar, agar bagian yang memarut tidak pada satu bidang saja.

  • Kikir segi tiga (Three-square file)

Kikir ini bergigi kembar dan ujung tirus, antara  bidang satu dengan yang lain sudutnya 60o. Digunakan mengikir sudut dalam yang menyudut 60o atau lebih.

Kikir  ini yang bergigi tunggal digunakan untuk mengasah gigi gergaji kayu.

  •  Kikir pisau (Knife file)

Kikir ini bentuknya seperti pisau, menyudut 10o dan ujungnya tirus. Digunakan untuk mengikir sudut yang kecil atau tajam yang tidak dapat dikerjakan oleh kikir segi 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *