Yang Harus Diperhatikan Saat Mengikir

Sobat kursus CNC, untuk melakukan pengikiran yang baik, yang harus diperhatikan saat sebelum mengikir adalah sebagai berikut :

  • Menentukan bidang dasar: bidang yang dijadikan acuan untuk pengambilan ukuran, kesikuan dan kesejajaran terhadap bidang lain.
  • Diperlukan alat pencekam yang menahan benda sehingga membantu kita dalam melakukan pengikiran. Alat yang digunakan biasanya adalah ragum.
  • Mengatur ketinggian ragum

Untuk penempatan ragum ini juga harus disesuaikan dengan postur tubuh teknisi yang akan melakukan pengerjaan pengikiran, berikut ini cara menyesuaikan posisi ragum dengan postur tubuh si teknisi.

Berikut ini adalah cara memilih tinggi ragum yang sesuai

      a. Berdiri tegak di ragum

      b. Tempelkan kepalan tangan di dagu

      c. Sikut harus berada di mulut ragum, dan bila lengan kita ayunkann jangan sampai menyentuh bibir mulut ragum

Setelah menentukan ragum, tentukan benda apa yang akan dikikir, dengan mengetahui benda apa yang dikikir, apa yang akan dikerjakan, bentuk apa yang diinginkan,dan lain-lain, kita dapat menentukan jenis kikir yang digunakan.

Alat yang digunakan untuk mengikir adalah Kikir. Kikir adalah salah satu alat yang terdiri batang baja yang mempunyai gigi-gigi pemarut yang bahan dasarnya dibuat dari bahan baja karbon tinggi.

Adapun fungsi utama dari kikir adalah untuk membuang sebagian dari benda kerja dengan jalan memarut sehingga menjadi rata, cembung, lengkung, dll.

Gambar di bawah ini adalah gambar kikir dan bagian-bagiannya

Untuk jenis kikir dapat dibedakan berdasarkan hal-hal sebagai berikut :

  • Berdasarkan jenis gigi
  • Berdasarkan kode kekasaran gigi
  • Berdasarkan penampang
  • Berdasarkan ukuran panjang

Untuk cara memegang kikir dan posisi badan juga harus diperhatikan dalam pengerjaan mengikir. Ini adalah cara memegang kikir

  1. Gagang kikir dipegang tangan kanan dengan ibu jari di atas gagang.
  2. Ujung kikir dipegang tangan kiri dengan jari-jari mencekam bagian bawah kikir.
  3. Badan agak condong ke depan dan kaki kiri berada dimuka.

Dan gambar di bawah ini adalah posisi kaki dan posisi badan saat dilakukan pengikiran sehingga didapat hasil pengikiran yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *