Hal – Hal Yang harus Diperhatikan Pada Saat Memahat

Sobat kursus CNC, memahat adalah pengerjaan dengan menggunakan peralatan tangan yaitu pahat. Kali ini kami akan informasikan hal-hal yang harus diperhatikan pada saat memahat, termasuk cara memegang, cara memahat, alat pengaman dan pelindung diri dan lain-lainnya. Pemilihan peralatan tangan sangat penting sekali untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang prima terukur dan presisi sekali, untuk itu segala jenis peralatan harus dipergunakan sesuai dengan fungsi dan ukurannya. Yang penting dalam hal ini adalah peralatan tangan manual tersebut dipakai sesuai dengan ukuran dan fungsinya .Kebiasaan mempergunakan peralatan yang sesuai akan menjadikan suatu kebiasaan yang positif dan menghasilkan pekerjaan yang presisi dan akurat.Kesalahan penggunaan akan mengikibatkan kecelakaan yang tidak terduga-duga dan dapat mengakibatkan kerusakan dan cacat pada manusia, hasil pekerjaan, maupun kerusakan pada alat tersebut

  • Aturan utama dalam penggunaan peralatan tangan pada umumnya adalah Peralatan dijaga tetap bersih dan peralatan hanya boleh dipergunakan sesuai dengan fungsi dan tujuannya, kikir bukan sebagai pembuka peti.obeng bukan sebagai pahat dan tang bukan sebagai palu,atau kunci mur.
  • Dan khusus untuk pahat,pemotong pahat harus tajam. Pahat waktu memotong benda kerja pahat tidak boleh tergelincir, karena akan merusakkan sisi lainnya. Keruncingan pahat antara 30o-80o tergantung pada macam bahan yang akan dipotong seperti :
  • Jika waktu memotong dapat membahayakan orang lain, maka didepan harus ada papan pelindung yang sesuai, yang akan menahan/melindungi dari lompatan dari bahan yang terpotong (terpahat)
  • Setelah sebagian pahat di gerinda, maka bidang pukul pada bagian kepala dengan mudah dibentuk bulat dan untuk pegangan.
  • Satu tangkai penolong atau satu pelindung tangan dari karet yang dapat melindungi dari dingin serta menghindarkan kecelakaan pada pemukulan yang salah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan peralatan yang tepat serta posisi bekerja yang sesuai akan menghasilkan produk yang berkualitas, dan menjamin keamanan kerja. Pemilihan peralatan yang kurang tepat akan mengakibatkan ketidak presisian dalam bekerja, dan pekerjaan cenderung asal-asalan, dan kualitas pengerjaan memahat belum dapat dipertanggung jawabkan.

Sumber : VEDC Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *