Mesin Perkakas Konvensional : Mesin Bor

Mesin Bor ialah alat yg dimanfaatkan guna membuat lubang, alur, peluasan, & penghalusan dengan presisi & akurat.cara kerja mesin bor yakni dengan memutarkan alat pemotong yg arah pemakanan mata bor hanya terhadap sumbu mesin tersebut. Fasilitas ini amat memudahkan tugas manusia dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam industri. Dalam pelaksanaannya pengeboran sesungguhnya adalah suatu poros yang berputar, dimana pada bagian ujungnya (bagian bawah) disambungkan mata bor yang dapat mengebor terhadap benda kerja yang di jepit pada meja mesin bor.Jadi secara umum dalam pelaksanaan pengeboran suatu lubang pada benda kerja diperlukan suatu mesin bor yang bekerja baik dan teliti. mesin Dapat mengebor benda kerja secara terus menerus dan mempunyai kecepatan poros yang dapat disetel menurut kebutuhannya dan dapat dilakukan bermacam–macam pengeboran yang sesuai kebutuhan.Dalam perkembangannya mesin bor terdiri dari beraneka type sesuai dengan kegunaan & fungsinya masing-masing. Berikut yaitu macam-macam type mesin bor :
Mesin Bor Tangan


Mesin Bor Tangan merupakan mesin bor yg pengoperasiannya dgn memakai tangan & wujudnya seperti pistol. Mesin bor tangan rata-rata diperlukan untuk melubangi kayu, tembok ataupun pelat logam. Khusus Mesin bor ini tidak cuma dipakai utk menciptakan lubang namun juga dapat dipakai untuk mengencangkan baut ataupun melepas baut lantaran di lengkapi 2 putaran yakni kanan & kiri. Mesin bor ini tersedia dalam beraneka ukuran, bentuk, kapasitas & juga fungsinya masing-masing.

Mesin Bor Duduk


Mesin Bor Duduk merupakan mesin bor yg wujudnya seperti sedang duduk. Mesin ini dipakai guna membuat lobang benda kerja dengan diameter kecil (terbatas hingga dengan diameter 16 milimeter). Prinsip kerja mesin bor duduk ialah putaran motor listrik diteruskan ke poros mesin hingga poros berputar. Kemudian poros berputar yg sekaligus juga sebagai pemegang mata bor sanggup digerakkan naik turun bersama bantuan roda gigi lurus & gigi rack yg bakal mengatur tekanan pemakanan ketika pengeboran.

Bor Gantung
Bor Gantung Ialah Bor Yang cara Pemakaiannya digantungkan, cara kerja bor ini sama dengan bor duduk hanya bentuknya saja yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *