BAGIAN-BAGIAN PENTING DARI MESIN MILLING YANG PERLU DIKETAHUI OLEH SEORANG OPERATOR CNC

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Untuk menjadi seorang operator mesin CNC yang handal, kita perlu mengetahui dan memahami bagian-bagian penting dari mesin Milling CNC. Pada dasarnya pada setiap mesin milling memiliki bagian-bagian penting yang sama persis, hanya saja penamaan dan penempatannya yang sedikit agak berbeda.

Komponen-komponen yang terdapat pada mesin milling CNC terdiri atas komponen mekanik, komponen elektrik, dan papan panel kontrol.

– Komponen Mekanik yaitu komponen yang berhubungan dengan konstruksi mesin.

– Komponen Elektrik yaitu komponen yang berhubungan dengan kelistrikan, misalnya listrik untuk keperluan daya, listrik untuk computer, dan listrik untuk keperluan kontrol elektrik lainnya.

– Papan panel kontrol yaitu komponen yang terdiri dari tombol-tombol kontrol untuk mengoperasikan mesin tersebut.

1. Komponen Mekanik

Bagian – bagian utama dari komponen mekanik mesin milling CNC tersdiri dari Spindle Utama, Rangka Tegak, dan meja mesin.

  1. Spindle Utama dan Poros Utama digerakan oleh motor listrik melalui sabuk /belt  yang dikontrol dengan computer. Spindle Utama dilengkapi dengan arbor sebagai pemegang alat potong.
  2. Rangka Tegak terdiri dari kolom yang menyokong bagian-bagian mesin, yaitu motor listrik, kepala mesin, dan peralatan transmisi.
  3. Meja Mesin 

Bagian-bagian meja mesin terdiri dari  Beberapa Pelat Penutup, Pelat Step Motor, Sabuk/belt, Pengatur Sumbu X, Transportir Sumbu Y, Blok Lintasan Sumbu Y, Pengatur Sumbu X, Step Motor, Baut Tanam.

bagian mesin milling
bagian-bagian mesin milling

2. Komponen Elektrik 

Mesin milling CNC dilengkapi dengan komponen elektrik yang terdiri dari Power Pack, Board Computer, Board Motor Step, Board Spindle Utama, Board Interface Cassete Recorder, Recorder, Board Tool Changer, dan Board Video.

a. Power Pack digunakan untuk menyalurkan tegangan utama dan penyalur kebutuhan tegangan rendah, yaitu antara 5 volt, 10 volt, 16 volt, 24 volt, dan 40 volt.

BACA JUGA  kursus cnc di bekasi

b. Board Computer

Board Computer ( CPU) terdiri atas komponen elektronik yang telah diatur dan berfungsi antara lain untuk :

  • menerima perintah melalui panel control
  • menyimpan program kerja pada RAM
  • memproses data

c. Board Motor Step

Board Motor Step berfungsi untuk mengkonversikan tegangan 5 volt dari CPU ke dalam 10 volt dan untuk menaikkan/memindahkan tegangan dari 10 volt dan 40 volt ke motor step.

d. Board Spindle Utama

Board Spindle utama berfungsi untuk mengontrol motor utama, mengenai : 

  • kecepatan
  • penyesuaian beban yang bervariasi
  • mengevaluasi pulsa-pulsa ligh-barier yang diubah ke digital untuk kecepatan spindle
  • menyinkronkan hitungan

e. Board interface cassete recorder

Board interface cassete recorder berfungsi untuk mengkonversikan informasi digital dari board CPU ke kode mesin ke kode cassete recorder.

f. Recorder

Recorder berfungsi sebagai pemindah informasi digital dari board computer ke kaset dan pembacaan informasi.

g. Board tool changer 

Board tool changer berfunsi untuk :

  • mengaktifkan tool changer
  • menghidupkan motor utama
  • mematikan motor utama

h. Board Video

Board Video berfungsi untuk mengonversikan isi memori (RAM) ke dalam bentuk format monitor atau screen.

3. Papan Panel Kontrol

Papan Panel Kontrol adalah papan penampil yang terdiri dari tombol-tombol,monitor, dan lampu kontrol. Panel Kontrol berfungsi untuk menjalankan dan melayani mesin, bail dalam pemrograman maupun pengoperasiannya.

Dengan mengetahui dan memahami bagian-bagian penting yang terdapat pada mesin Milling CNC yang telai diuraikan di atas , maka kita sudah memiliki modal dasar sebagai operator mesin Milling CNC yang handal.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.