Cara Menggambar Proyeksi Ortogonal

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat Kursus CNC, pada artikel ini akan khusus dibahas Cara Menggambar Proyeksi Ortogonal khususnya proyeksi normal. untuk melihat bagan proyeksi secara keseluruhan, silahkan disimak di sini.

Proyeksi dalam gambar teknik mesin merupakan suatu metoda untuk menggambarkan titik-titik tertentu sebuah objek. Bisa saja titik tersebut adalah titik-titik sudut sebuah benda, atau titik-titik sebuah kurva dengan bantuan garis-garis proyeksi. Kemudian garis prroyeksi ditempatkan pada sebuah atau beberapa bidang proyeksi. Dan Arah pandangannya sesuai dengan aturan tegak lurus bidang proyeksi.

salah satu proyeksi ortogonal adalah proyeksi normal.

Proyeksi ortogonal adalah gambar proyeksi yang bidang proyeksinya mempunyai sudut tegak lurus terhadap bidang proyeksi. Garis-garis yang memproyeksikan benda terhadap bidang proyeksi disebut proyektor.

Selain proyektor tegak lurus terhadap bidang proyeksinya juga proyektor-proyektor tersebut sejajar satu sama lain.

Pada proyeksi ortogonal – normal ini terdapat dua metoda proyeksi yang digunakan yaitu :

Proyeksi Amerika

Proyeksi Amerika biasanya sering disebut sudut ketiga. Ada juga yang menyebutkan proyeksi kuadran III.

Proyeksi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya. Berikut contoh gambar dibawah ini :

Keterangan :
A : Pandangan depan.
B : Pandangan atas.
C : Pandangan kiri.
D : Pandangan kanan.
E : Pandangan bawah.
F : Pandangan belakang.

Berikut ini contoh proyeksi Amerika

Untuk proyeksi amerika, penampakan dari depan diletakkan pada kuadran III sumbu kartesius. Maka dari itu Proyeksi Amerika dikatakan juga proyeksi sudut ketigaatau proyeksi kuadran III.

Proyeksi Amerika merupakan proyeksi yang letak bidangnya sama dengan arah pandangannya

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.

BACA JUGA  Mesin Perkakas Konvensional : Mesin Bubut

Proyeksi Eropa

Proyeksi Eropa disebut juga dengan sudut pertama. Ada juga yang menyebutkan proyeksi kuadran I.

Perbedaan sebutan ini tergantung dari masing-masing pembaca. Dapat diketahui proyeksi ini merupakan yang letak hasil proyeksi bidangnya terbalik dengan arah pandanganya. Untk lebih jelasnya, dapat dilihat pada contoh gambar dibawah ini :

Keterangan :
A : Pandangan depan.
B : Pandangan atas
C : Pandangan kiri
D : Pandangan kanan
E : Pandangan bawah
F : Pandangan belakang.


Berikut ini contoh gambar proyeksi Eropa:

Penentuan Pandangan

Untuk pemilihan pandangan depan merupakan salah satu Cara Menggambar Proyeksi Ortogonal yang paling penting. Pemilihan pandangan dari suatu benda yang akan disajikan dalam gambar kerja akan menjadi sangat penting . Pandangan depan tidak selalu berarti dari bagian depan benda tersebut. Pandangan depan adalah bagian benda yang dapat memberikan cukup keterangan mengenai bentuk khas dan fungsinya.

Tampak / pandangan depan adalah merupakan gambar yang menjelaskan suatu benda yang dilihat secara frontal. Bila perlu, benda kerja digambarkan dalam beberapa padangan karena tidak sedikit benda kerja yang berbeda mempunyai pandangan yang sama.

Dalam gambar teknik, benda kerja hanya digambarkan dalam beberapa pandangan yang diperlukan. Jangan digambar dalam pandangan yang berlebihan, ya…

Selanjutnya, dikenal  tiga pandangan utama. Yaitu pandangan yang paling umum dipakai untuk menjelaskan bentuk suatu benda. Jika dengan ketiga pandangan utama tersebut benda belum dapat dijelaskan dengan lengkap, makadapat ditambahkan pandangan-pandangan tambahan

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.