Cara Menghitung Hasil Pengukuran Mikrometer

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Sobat kursus CNC, seperti kita ketahui bahwa pembacaan mikrometer dilakukan pada dua bagian yaitu di skala utama dan di skala nonius atau vernier. Skala utama dapat dibaca di bagian sleeve dan skala nonius dapat dibaca di bagian thimble.

Pada contoh pengukuran diatas, cara membaca hasil pengukuran mikrometer ini adalah:

Untuk skala utama dapat dilihat bahwa posisi thimble telah melewati angka ‘5” di bagian atas, dan pada bagian bawah garis horisontal telah melewati 1 strip. 0,5 mm. Artinya, pada bagian ini didapat hasil pengukuran 5 + 0,5 = 5,5 mm. Pengukuran juga dapat dilakukan dengan prinsip bahwa setiap 1 strip menandakan jarak 0,5 mm. Dikarenakan terlewati 5 strip di atas garis horizontal dan 6 strip di bawah garis horizontal, maka total jarak adalah (5+6) x 0,5mm= 5,5 mm.

Pada bagian kedua, terlihat garis horizontal di skala utama berhimpit dengan angka 28 di skala nonius. Artinya, pada skala nonius didapatkan tambahan panjang 0,28 mm.

Maka, hasil akhir pengukuran mikrometer sekrup pada contoh ini adalah 5,5 + 0,28 = 5,78mm. Hasil ini memiliki ketelitian sebesar 0,01 mm

Contoh soal 1:

Jika pada suatu pengukuran didapatkan gambar skala utama dan skala normal sebagai berikut , berapa panjang dari benda yang diukur?

Jawaban :

Skala Utama = 4 mm

Skala Nonius = 0,30 mm

Maka, hasil pengukuran = Skala Utama + skala nonius = 4 + 0,30 = 4,30 mm

Contoh Soal 2

Berapa ketebalan kawat tembaga yang diukur dengan mikrometer sekrup berikut?

Jawaban

Skala utama = 1,5 mm

Skala nonius = 0,30 mm

Maka, hasil pengukuran = 1,5 + 0,30 = 1,80 mm

BACA JUGA  Teknik Kerja Bangku : Menggergaji
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.