Mengubah Proyeksi Ortogonal Menjadi Proyeksi Isometri

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, pada artikel ini akan dibahas tentang ciri-ciri proyeksi isometri dan bagaimana merubah dari Proyeksi Ortogonal .

Untuk mengubah gambar orthogonal menjadi proyeksi isometri , maka diperlukan pandangan yang tepat untuk disesuaikan dengan bentuk yang akan dihasilkan. pandangan tersebut bisa dimulai dari pandangan depan, atas dan samping dari proyeksi ortogonal sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa proyeksi isometri adalah  suatu proyeksi yang mempunyai perbandingan panjang antara ketiga sumbunya adalah 1 : 1 : 1.

Sedangkan jarak antar sumbu membentuk sudut sebesar 120 derajat dan besar sudut antara sumbu x dan y terhadap garis mendatar adalah 30 derajat.

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih terstruktur mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online-nya. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.

ciri-ciri proyeksi isometri

Ciri-ciri proyeksi  isometri adalah sebagai berikut:

1) Sumbu koordinat. Sumbu x dan sumbu y mempunyai sudut 30° terhadap garis mendatar. Sudut antara sumbu satu terhadap sumbu lainya 120 °. Untuk lebih jelasnya perhatikan Gambar di bawah ini.

2) Ukuran. Panjang gambar pada masing-masing sumbu sama dengan panjang benda yang digambarkan. atau memiliki perbandingan 1:1

Berikut ini cara mengubah Proyeksi Ortogonal Menjadi Proyeksi Isometri:

  • Buat garis X , Y dan Z dengan pertama-tama membuat garis datar, hal ini untuk memudahkan karena ciri dari gambar isometri ini memiliki sudut 30º terhadap garis datar
  • Buat sudut 30º dari sumbu X terhadap garis datar, begitu juga dengan sumbu Y
  • Sesuaikan ukuran dan bentuk gambar dengan skala 1:1

sumber: https://youtu.be/NEKJ9S28Fh8

BACA JUGA  Simbol-simbol Pengukuran dalam Gambar Teknik
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.