Hubungan CAD, CAM dan CNC

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Searang saatnya kita perlu tahu hubungan CAD, CAM, dan  CNC , setelah kita mengetahui di artikel sebelumnya. kali ini saya ingin menjelaskan  alur proses dari masing masing perangkat lunak tersebut agar rekan-rekan semua memiliki gambaran utuh hubungan ketiganya.

Perangkat lunak CAD (Computer Aided Design), CAM (Computer Aided Manufacturing) dan CNC ( Computer numerical Control) saat ini sudah digunakan secara luas di industri manufaktur,  pada kali ini kita akan belajar alur  kerja proses manufaktur  di salah satu industri elektronik.

Seorang desainer akan mengawali proses manufaktur dari proses desain suatu produk. Desainer  akan menggunakan software CAD untuk membuat partnya dengan 3D modelling. Kemudan 3D modelling part tersebut akan digunakan oleh programmer untuk dikonversi ke dalam sebuah bahasa pemrograman dengan menggunakan CAM. Walaupun saat ini  penggunaan CAM masih hanya terbatas untuk pembuatan program saja, sebenarnya secara fiturnya, CAM ini masih memiliki fungsi dan kegunaan yang lebih luas dari hanya sekedar membuat bahasa program. Dengan menggunakan CAM, kita bisa menentukan alat potong yang tepat untuk melakukan proses pemesinan suatu produk. Sedangkan CNC akan bertugas untuk mengeksekusi pemrograman hasil CAM dengan melakukan gerakan gerakan mekanis pada mesin  seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Saat menggunakan sistem CAD/CAM, programmer dapat  dengan mudah melakukan semua pemrograman di komputer, dari mulai memilih alat potong yang tepat , menentukan sistem pencekaman dan menjalankan simulasi proses pemesinan di layar PC untuk membuktikan bahwa program yang dihasilkan dapat berfungsi dengan baik , dan kemudian mengunduh program yang telah diuji simulasikan dan dioperasikan  di mesin CNC nya.

Hubungan CAD, CAM dan CNC dapat meningkatkan produktivitas. Secara otomatis, CAM dapat menerjemahkan desain ke dalam instruksi untuk pengontrol komputer pada peralatan mesin, dan memungkinkan semua program yang dihasilkan  dimodifikasi agar  digunakan pada pekerjaan lain dengan spesifikasi serupa. Bahkan kita dapat menerima umpan balik visual untuk setiap langkah program.

BACA JUGA  Metode pengukuran dengan sistem koordinat Absolute dan Incremental

Segera ikuti kelas kursus gratis secara bertahap di sini, agar anda dapat mengikuti magang secara offline di dunia industri manufaktur. ini adalah salah satu partner industri kami yang saat ini menerima para siswa yang lulus dengan nilai memuaskan di program kursus kami.

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.