Apa itu Kode G pada CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat Kursus CNC, pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang Kode G pada CNC.

Apa itu  kode G?

kode G  adalah sebuah instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman  pada mesin CNC. Selain kode tersebut ada yang dinamakan dengan kode T  dan  kode M .

Kode M  menyatakan fungsi/keadaan pada mesin tersebut. Sedangkan kode T  menyatakan fungsi/ keadaan pada tool atau alat potong tersebut.

Kode G 

Kode G biasanya menyatakan  instruksi gerakan yang akan dilakukan oleh meja atau tool pada sebuah mesin CNC.  Seperti pergerakan dari  titik A ke titik B, bergerak bebas, bergerak dengan pemakananan dan lainya.

G adalah singkatan dari geometri. Ini merupakan format alfanumerik yang digunakan sistem untuk memberi tahu apa yang harus dilakukan. Menunjukkan di mana harus memulai, bagaimana cara bergerak dan kapan harus berhenti.

Contoh implementasi pada G00:

G00 Y-100; 

Blok program diatas tersebut akan menginstruksikan gerakan cepat tanpa pemakanan benda kerja (gerakan bebas)(G00).  Sedangkan Y -100 nya berarti perpindahan ke koordinat =-100 sepanjang sumbu Y

Fungsi Kode G Mesin CNC

Kode G memberikan petunjuk kepada mesin tentang bagaimana dan ke mana harus bergerak.

  • Bergerak dalam garis lurus secepat mungkin, dengan kecepatan tertentu.
  • Bergerak dalam lingkaran dengan kecepatan tertentu.

Bagi operator mesin, masalah penggunaan kode G pada  mesin yang berbeda menggunakan variasi pada set standar angka alfanumerik. Jadi, sistem yang memberi tahu satu perangkat suatu tindakan dapat menunjukkan sesuatu yang berbeda pada peralatan lain.

Kursus online CNC gratis

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya

BACA JUGA  Cara Menghitung Kecepatan Putaran dan Pemakanan dalam Penggunaan Mesin Bubut
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.