Langkah awal menjadi seorang Operator atau Programmer CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Mesin CNC adalah mesin manual yang dipasang sistem operasi otomatis, jadi ketika kita ingin menjadi operatornya kita perlu belajar dasar- dasar proses pengoperasian mesin perkakas  secara manualnya.

Kompetensi Dasar Operator CNC

Langkah awal untuk menjadi seorang operator / programmer CNC selain niat dan antusiasme adalah mengetahui dan mempelajari kompetensi dasarnya. Lantas kompetensi apa saja yang dibutuhkan agar kita bisa menjadi seorang  operator atau programmer CNC? Silahkan disimak penjelasan di bawah ini.

Ada beberapa kompetensi dasar  yang perlu dikuasai untuk menjadi seorang operator atau programmer CNC. Kompetensi dasar seorang operator yang pertama adalah menguasai gambar teknik dasar mekanik. Seorang operator CNC harus bisa memahami konsep dasar proyeksi piktorial terutama mengubah proyeksi isometri menjadi proyeksi orthogonal; yaitu proyeksi eropa/amerika dan begitu juga sebaliknya. Kompetensi berikutnya yang masih menjadi bagian dari gambar teknik adalah membaca dan memahami ukuran dan toleransi yang ada pada gambar kerja.

gambar kerja

Kompetensi dasar berikutnya yang tidak kalah penting adalah ilmu pengukuran dasar. Tahu bagaimana cara menggunakan alat ukur dasar seperti sigmat, mikrometer, meteran serta alat alat ukur dasar lainnya adalah kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang operator CNC. 

alat ukur jangka sorong

Kemudian,  Kompetensi dasar selanjutnya yang perlu dikuasai adalah pengetahuan  tentang mesin perkakas dan ilmu perbengkelan, seperti memahami alat cekam benda kerja yang biasa digunakan pada mesin  perkakas, alat potong yang digunakan untuk memproses benda kerja, dan  kompetensi yang paling utama ketika kita mau menjadi seorang operator CNC adalah mengetahui dan memahami  prinsip kerja dasar  mesin serta hafal tombol operasi dari mesin perkakas tersebut.

silinder gerinda

Kompetensi Dasar Programmer CNC

Untuk menjadi seorang programmer, semua kompetensi operator haruslah dikuasai dengan baik. Jam terbang menjadi operator juga menjadi salah satu syarat keberhasilan seseorang menjadi programmer. Untuk menjadi seorang programmer, kompetensi yang perlu ditambah adalah memiliki kemampuan dalam merencanakan proses pengerjaan  benda pada suatu mesin perkakas dan memahami bahasa program CNC dasar yang berupa kode alphanumeric.

BACA JUGA  Belajar Mengoperasikan Mesin Perkakas CNC Dimana Saja Dengan Simulator CNC

Ada dua kategori programmer CNC,  yaitu programmer yang membuat program secara manual dengan cara mengetikkan dan mengedit pada layar komputer yang ada di mesin CNC, dan yang kedua adalah programmer yang menggunakan software CAM dalam membuat program CNC nya tersebut. Untuk mengenal dalam tentang software  CAM  akan kita bahas lebih jauh pada artikel lainnya secara khusus dan terpisah.

programmer cnc

Demikianlah kompetensi yang perlu dikuasai oleh teman teman yang berniat untuk menjadi operator dan programmer. Kompetensi ilmu manufaktur dasar : gambar teknik dasar, proyeksi, ukuran, alat ukur, peralatan dan perlengkapan perbengkelan; serta pengetahuan mesin perkakas manual menjadi modal dasar utama untuk menjadi operator mesin CNC dan programmer CNC.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.