Macam – Macam Simulator CNC Yang Ada Di Pasaran Dan Bisa Digunakan Untuk Berlatih

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Kontrol Numerik Komputer (CNC) adalah proses yang mengotomatisasikan dan mengontrol pergerakan mesin manufaktur, baik peralatan permesinan tradisional maupun mesin manufaktur yang lebih baru. Untuk mengantisipasi masalah yang mungkin akan terjadi, ada baiknya kita dapat mensimulasikan terlebih dahulu pengoperasian mesin sebelum produksi. Di sinilah perangkat lunak simulasi CNC atau Simulator CNC akan sangat berperan.

Simulator CNC

Simulator CNC adalah aplikasi matematika yang dirancang untuk memprediksi perilaku, kinerja, dan hasil dari proses manufaktur tertentu. Mereka menyediakan sarana untuk menguji dan memverifikasi program CNC, biasanya ditulis dalam kode-G, sebelum instruksi dikirim ke mesin.

Dari memverifikasi integritas kode hingga mencegah masalah apa pun yang dapat merusak komponen fisik, Simulator  CNC dapat memberikan wawasan tentang bagaimana keseluruhan proses dapat dioptimalkan. 

Macam-macam Simulator CNC

Terdapat  beberapa jenis Simulator  CNC yang tersedia di pasaran yang berfokus pada aspek yang berbeda, diantaranya :

1. Swansoft CNC Simulator

Swansoft CNC Simulator adalah sebuah sistem simulasi mesin CNC 3D secara real-time dan untuk memverifikasi kode-G tingkat lanjut. Software ini memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan semua operasi mesin CNC dan men-debug kode NC menggunakan platform yang sama. 

swansoft cnc simulator

2. CNCSimulator Pro

CNCSimulator Pro adalah software simulator yang sudah ada sejak 2001. Software yang powerful namun tidak terlalu rumit dalam mempelajarinya, dengan visualisasi 3D yang ditingkatkan dan dukungan untuk berbagai mesin (bubut, milling, router) dan proses pemesinan (pemotongan laser dan pencetakan 3D).

3. G-Wizard Editor

G-Wizard Editor adalah simulator G-code dan alat untuk pengeditan program , yang terutama digunakan untuk memeriksa, memodifikasi, atau menulis kode yang dihasilkan CAM. Fitur “conversational programing ” pada G-Wizard Editor adalah cara interaktif untuk menulis kode-G dengan gambar deskriptif . 

g wizard editor

4. CAMotics

CAMotics adalah open-source G-code dan simulator toolpath yang ditujukan untuk komunitas Maker. Sejak dirilis pada tahun 2011, perangkat lunak ini telah mengumpulkan komunitas pengguna yang luas dan aktif. Berjalan di Windows, Mac, dan Linux, ini adalah salah satu dari sedikit alat simulasi lintas platform yang lengkap. 

BACA JUGA  Pisau Mesin Milling CNC Yang Sering Digunakan Untuk Proses Pemesinan General

Program ini mendukung hingga simulasi 3 -sumbu dalam lingkungan 3D dan menawarkan fungsionalitas khusus untuk pekerjaan tertentu, seperti pengukiran dan pemotongan papan PCB. Secara keseluruhan, CAMotics adalah simulator langsung dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaan. 

5. NC Viewer

NC Viewer adalah simulator yang dapat mensimulasikan jalur alat potong dalam lingkungan 3D secara interaktif. Meskipun tidak menampilkan fungsionalitas sebanyak alat simulasi lainnya, alat ini berguna untuk memverifikasi, melihat, dan mem-back-plotting CNC G-code

6. Eureka G-Code

Adalah software yang mencakup simulator multi-sumbu untuk pembuatan aditif dan modul yang mengoptimalkan kode-G melalui AI. Eureka G-Code tidak hanya memverifikasi perintah G-code dan kontrol CNC lainnya, tetapi juga menganalisis hasil pemesinan untuk mengurangi waktu produksi dan menghilangkan potensi kesalahan. Simulator ini terintegrasi dengan sebagian besar peralatan CAD, yang memfasilitasi alur kerja simulasinya.

Dengan mengetahui berbagai macam-macam Simulator CNC yang tersedia di pasaran akan memudahkan para pembelajar dalam menentukan jenis Simulator yang ingin dipelajarinya sesuai dengan kebutuhan.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

BACA JUGA  Perbedaan Mesin NC dengan Mesin CNC
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.