Mengenal Teman-teman CNC ( CAD, CAM, dan CAE)

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Teman-Teman CNC

Sebelum kita mengenal dan belajar tentang CNC lebih jauh, sekarang kita akan sedikit berkenalan dengan teman temannya CNC. Seiring dengan perkembangan revolusi industri 3.0 ke 4.0 dimana di masa ini lebih banyak berkaitan dengan sistem informasi, aplikasi komputer pun terus berkembang tidak hanya untuk mesin perkakas saja, dalam proses desain, proses perencanaan manufaktur  pun terus berkembang   dengan hadirnya CAD, CAM dan yang lebih kerennya aplikasi komputer  digunakan untuk  melakukan kegiatan engineering dan memvalidasi suatu hasil proses sebelum kita realisasi, dan saat ini kita kenal dengan istilah CAE.

CAD

apa itu CAD
apa itu CAD

CAD adalah kependekan dari Computer Aided Design. Suatu perangkat lunak yang dapat membantu para desainer dalam melakukan kegiatan mendesain. Aktivitas desain yang dimaksud disini bukan hanya  menggambar saja, namun dari mulai  pembuatan ide hingga  pembuatan prototipe model. Pada awalnya, CAD digunakan untuk mempermudah menggambar dan menggambar teknik saja. Namun seiring dengan waktu, CAD telah dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kegitan lain, diantaranya digunakan untuk aktivitas Manajemen Siklus Hidup Produk oleh desainer dan para engineer.

CAM

cam

Yang berikutnya adalah CAM  merupakan singkatan dari Computer-aided manufacturing. Suatu perangkat  lunak komputer yang digunakan  untuk merencanakan, memilih dan  mengontrol peralatan mesin yang akan digunakan untuk memproses benda kerja dan juga digunakan untuk menentukan mesin yang tepat untuk digunakan  dalam proses manufaktur.  Ada yang mengelompokkan  CAM ini  ke dalam kelompok CAD / CAE, yang dianggap sebagai perangkat lunak rekayasa. Namun kalau menurt saya sebagai praktisi industri manufaktur,  CAM  ini lebih tepat dikelompokkan ke dalam perangkat lunak yang membantu mempercepat waktu produksi di pabrik membantu meningkatkan efisiensi. Pada prakteknya, CAM  masih memerlukan bantuan file CAD dalam membuat produk atau objek.  

BACA JUGA  Pahat Potong Mesin Bubut CNC Yang Sering Digunakan Untuk Proses General

CAE

alur kerja cad cam cnc

Selanjutnya adalah CAE merupakan singkatan dari Computer Aided Engineering. Suatu perangkat lunak yang dapat membantu proses desain rekayasa. Lantas, Apa yag dimaksud dengan proses desain rekayasa? Para Engineer dan desainer biasanya kebingungan untuk melakukan uji validitas dari desainnya tersebut. CAE ini dapat memfasilitasi para Engineer dan Desainer untuk Uji Validitas hasil Desain rekayasa mereka, mereka dapat mensimulasikan desain rekayasanya terhadap parameter parameter lingkungan aseli seperti temperatur, tekanan, gaya geser, dan lain lain. Jadi CAE akan mengambil  file CAD untuk disimulasikan, divalidasi, dan dioptimalkan produknya atau  objeknya. Sehingga CAE merupakan perangkat lunak yang dapat memberi sumber informasi penting untuk membantu tim desain dalam pengambilan keputusan.

Salah satu aspek terpenting dari CAD / CAE / CAM adalah pengurangan proses iterasi desain, dan dokumentasi yang dapat membantu bila kita ingin mengembangkan versi berikutnya atau bahkan produk serupa lainnya.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

BACA JUGA  Alat Cekam Benda Kerja Yang Sering Dibutuhkan Oleh Operator Mesin Bubut CNC
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.