Menjadi seorang Operator dan Programmer CNC di Industri Manufaktur

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Seiring berjalannya waktu, Industri manufaktur terus mengalami perkembangan. Para pelaku bisnis di dunia manufaktur  berlomba untuk dapat melakukan efisiensi produksi agar dapat tetap eksis di tengah-tengah persaingan pasar industri yang semakin ketat.  Dari  sekian banyaknya metoda yang dapat dilakukan untuk mencapai efisiensi, salah satu metode tersebut adalah dengan mempercepat proses produksi.  

Mesin Produksi manual mulai digantikan dengan mesin produksi yang menggunakan  sistem pengendali otomatis guna meningkatkan kecepatan waktu produksi, mempertahankan tingkat akurasi yang seragam guna mencapai efisiensi yang diinginkan. Sistem Pengendali Otomatis tersebut biasa kita kenal dengan CNC atau kependekan dari Computer Numerical Control.

Operator CNC

Keberadaan mesin perkakas CNC di dunia industri manufaktur pun  sudah  tidak asing lagi,  bahkan sudah menjadi aset vital yang sangat diperlukan. Programmer, Operator dan Engineer pun mulai dibutuhkan untuk dapat mengendalikan mesin perkakas CNC di industri-industri manufaktur saat ini.  Melihat hal ini  tentunya  dapat menjadi suatu tantangan tersendiri sekaligus menciptakan peluang baru  di bidang  pengoperasian dan pemrograman mesin CNC.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa mesin perkakas CNC ini adalah mesin perkakas yang kemudian ditambahkan sistem pengontrol otomatis, maka kemampuan dan kompetensi dasar  mesin perkakas manual menjadi modal utama untuk dapat menjadi operator CNC dan programmer CNC.

Seorang operator CNC perlu menguasai kompetensi di bidang gambar teknik, pengukuran serta mengenal perlengkapan. Dan peralatan yang berhubungan dengan mesin perkakas. Seorang operator perlu dapat melakukan pemasangan dan setting benda kerja di mesin CNC. Seperti halnya ketika mereka mau memprosesnya di mesin manual; yang membedakan adalah ketika proses pembuatannya dilakukan secara otomatis dan dikontrol oleh Komputer.

mengoperasikan cnc
Mengoperasikan CNC

Programmer CNC

Berbeda dengan operator,  programmer perlu memiliki kompetensi tambahan yaitu memahami proses manufaktur serta dapat berkomunikasi dengan Mesin CNC. Waktu Produksi  akan menjadi cepat atau tidak sangat dipengaruhi oleh kemampuan programmer dalam menyederhanakan proses manufaktur. Proses manufaktur ini biasa kita kenal di dunia industri dengan istilah OP atau operation plan ( rencana operasi); semakin sedikit OP akan semakin cepat waktu proses produksi. Selain itu, kompetensi lainnya yang perlu dimiliki adalah bisa menerjemahkan  dan mengubah rencana operasi tersebut menjadi  bahasa pemrograman CNC yang dipahami oleh Komputer, atau yang biasa dikenal dengan istilah G code program.

operator cnc
operator cnc

Menjadi Operator dan Programmer CNC di tengah-tengah dunia industri manufaktur yang terus  berkembang sangatlah terbuka lebar, tinggal kita yang terus perlu belajar serta mengembangkan kompetensi dan terus berlatih agar keahlian di bidang CNC dapat terus relevan dengan perkembangan dunia industri manufaktur ini.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

BACA JUGA  Fungsi Dan Pentingnya Coolant Pada Mesin Perkakas CNC
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.