Penunjukan Ukuran pada Gambar Teknik

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, pada artikel ini akan dibahas tentang Penunjukan Ukuran pada Gambar Teknik.

Beberapa gambar di bawah ini menunjukkan beberapa kesalahan penunjukan ukuran pada gambar teknik yang sering ditemukan. Berikut ditunjukkan contoh dalam praktek beserta koreksinya dan penunjukan yang benar menurut standar.

Pada gambar di bawah, ditunjukkan kesalahan penempatan garis ukuran terlalu rapat dan tidak sejajar terhadap garis benda. untuk koreksinya yang benar adalah perlu ada jarak garis ukuran tidak terlalu rapat.

Pada gambar di bawah ini menunjukkan ukuran pada benda yang bersusun. Kesalahannya adalah posisi garis pengukuran yang bersilangan akibat penempatan yang kurang baik pada gambar a. koreksinya ada di sebelah kanannya. Posisi garis pengukuran yang baik adalah yang tidak bersilangan dengan garis ukur yang lain.

Pada gambar di bawah ini, terlihat kesalahan dari pemberian garis ukuran yang terlalu jauh dengan benda yang diberi keterangan ukuran. Koreksi yang benar adalah garis ukuran dibuat dekat dengan benda yang diberi keterangan ukuran sehingga gambar menjadi jelas dan mudah dimengerti.

Demikianlah pembahasan beberapa kesalahan Penunjukan Ukuran.

Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses . Ikuti Kelas gambar teknik dasar yang merupakan kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.

BACA JUGA  Cara Mengatur Kecepatan Pemakanan Yang Tepat Ketika Kita Sedang Melakukan Proses Milling
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.