Profesi apa saja yang dapat kita kembangkan ketika kita mahir Ilmu CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Ilmu CNC Untuk Siapa Saja

Saat ini, sistem operasi CNC  sudah tidak hanya dinikmati oleh kalangan industri. CNC sudah tidak menjadi barang mewah. CNC sudah dapat dinikmati oleh banyak kalangan mulai dari pehobi sampai ke pelaku industri. Mesin CNC sudah tidak memerlukan listrik dengan tegangan 380 volt, namun sudah bisa dioperasikan dengan menggunakan listrik 220 volt yang ada di di rumah-rumah biasa. Hobi CNC sekarang bahkan sudah dapat dinikmati kecanggihan teknologinya oleh orang- orang di ruangan dengan ukuran 3 x 4 meter.

Ada cerita menarik, waktu itu saya pernah mengunjungi sepasang suami istri yang berprofesi sebagai pembuat batu nisan dan batu prasasti di sekitaran alam sutera serpong (tentunya bukan di perumahan mewah alam sutera, ya…).

Ketika saya sampai di lokasi kenalan saya tersebut, saya kaget juga  ketika masuk rumah yang terbilang tidak besar mungkin ukuran ruangannya hanya sekitar 6 x 6 meter. Di dalam ruangan tersebut terdapat mesin Router CNC dengan ukuran meja kerja   sekitar 1 meter x 80 cm.

ilmu cnc

Saya sempat tanyakan kenapa mereka berniat sekali sampai mau berinvestasi mesin CNC tersebut untuk mendukung bisnis mereka? mereka menjawab, “ saya sangat beruntung mengenal mas T yang mengenalkan saya ke mesin CNC ini. Walaupun saya dan istri lulusan SD, namun saya  bisa mengoperasikannya setelah belajar hanya beberapa kali saja.

Dan dengan mesin CNC ini , saya jadi bisa mengerjakan batu nisan lebih banyak dari biasanya. Jadi saya bisa mengecor dudukan  batu nisannya, sementara mesin router CNC sedang mengukir tulisan di marmernya, bahkan istri saya pun bisa sambil  memasak lho ketika sedang mengoperasikannya”. Wow, ternyata CNC bisa membantu untuk membantu siapa saja.  

BACA JUGA  Apa Saja Kegunaan Simulator CNC Untuk Operator Pemula

Bidang Manufaktur

Jadi,  dengan kita  belajar CNC ini, kita bisa mengembangkan ilmu CNC ini ke bidang banyak hal. Kalau kata teman saya yang sudah menjadi dosen manufaktur selama 20 tahun lebih dan, ilmu manufaktur ini  tidak bisa berdiri sendiri kalau mau bermanfaat, dia harus  mengikuti  ke salah satu bidang  untuk mendapatkan supportnya.

Bisa saja  ikut ke bidang kesehatan untuk membuat peralatan kesehatan, perlengkapan rumah sakit dan lain-lain. Ikut  ke bidang pertanian bisa  untuk membuat peralatan pertanian serta membangun mekanisasi pertanian. Ikut  ke bidang lingkungan hidup bisa membantu membuat mesin serta sistem pengolahan sampah, limbah plastik dan lain-lain. Dan masih banyak lagi bidang bidang tertentu yang bisa diikuti untuk disupport oleh bidang manufaktur ini.

Kalau di atas,, dijelaskan bahwa bidang CNC bisa diterapkan di bidang manapun. Namun bisa juga kita mengembangkan ilmu CNC ini untuk berkarir menjadi freelancer dengan membuka jasa desain produk, jasa pemrograman bahkan langsung membuka industri kecil yang melayani customer dalam skala kecil seperti cerita suami istri  di atas yang hanya lulusan SD namun berhasil mengembangkan bisnisnya di bidang pembuatan batu nisan dan prasasti.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

BACA JUGA  Sekilas Perkenalan Tentang Mesin Perkakas CNC
This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.