Proyeksi Eropa dan Amerika

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang Proyeksi Metode Eropa dan Amerika.

Seperti pada artikel sebelumnya, bahwa ada proyeksi normal merupakan proyeksi paralel tegak dimana pandangan-pandangan utama yang dipilih dari suatu objek terletak paralel terhadap satu atau beberapa bidang proyeksi.

Dalam hal ini jarak peletakan objek ke bidang-bidang proyeksi menjadi tidak penting, karena objek akan diproyeksikan secara normal. Artinya arah pandangan objek normal terhadap bidang proyeksi. Sehingga hasil proyeksinya akan sama pada jarak berapapun objek diletakan terhadap bidang proyeksi.a

Proyek Normal adalah proyeksi gambar suatu objek dengan skala yang tepat. Sedangkan ukuran yang dicantumkan adalah ukuran yang nyata atau sebenarnya, dan terdapat dua jenis yaitu proyeksi Eropa dan Amerika.

Kuadran Proyeksi

Jika benda yang akan digambar diletakkan di kuadran I dan diproyeksikan pada bidang-bidangnya, maka cara proyeksi ini disebut cara proyeksi kuadran I atau lebih sering disebut cara proyeksi Eropa.

Jika bendanya diletakkan di kuadran III, maka cara proyeksi ini disebut cara proyeksi kuadran III atau sering disebut cara proyeksi Amerika.

Berikut ini adalah perbedaan Proyeksi Eropa dan Amerika

Proyeksi Eropa (Proyeksi kuadran I)

Benda yang diletakkan di kuadran I, kemudian diproyeksikan pada bidang-bidang belakang menurut pandangan A,B dan C.

Pandangan A diproyeksikan pada bidang belakang sehingga menghasilkan pandangan depan.

Pandangan B diproyeksikan pada bidang bawah menghasilkan pandangan atas.

dan Pandangan C diproyeksikan pada bidang samping kiri menghasilkan pandangan samping kanan.

dapat ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Proyeksi Amerika (Proyeksi Kuadran III)

Menurut cara ini, benda yang akan digambar seolah-olah diletakkan di dalam peti yang sisi-sisinya tembus pandang sebagai bidang proyeksi.

BACA JUGA  Pemilihan Jenis Suaian

Seperti yang terlihat pada gambar di bawahini.

Pada tiap-tiap bidang proyeksi akan tampak gambar pandangan dari benda menurut arah pandangan yang ditunjukkan oleh arah panah, Pandangan A diproyeksikan pada bidang depan, akan menghasilkan pandangan depan.

Pandangan B diproyeksikan pada bidang atas, menghasilkan pandangan atas.

Dan Pandangan C diproyeksikan pada bidang samping kiri, menghasilkan pandangan samping kiri.

  • Lambang Cara Proyeksi

Dalam standar ISO (ISO/DIS 128) telah ditetapkan bahwa kedua cara proyeksi di atas boleh digunakan, akan tetapi untuk keseragaman semua gambar dalam standar ISO digambar menurut proyeksi kuadran I(Proyeksi Eropa). Perlu diperhatikan bahwa dua cara proyeksi di atas jangan dipakai bersamaan dalam satu gambar.

Jika pada suatu gambar telah ditentukan cara proyeksi yang digunakan, maka hal ini perlu dijelaskan dengan mencantumkan lambang cara proyeksi (gambar di bawah). Lambang ini biasanya diletakkan dibagian kanan bawah kertas gambar.

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih terstruktur mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online-nya. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.