Sekilas Perkenalan Tentang Mesin Perkakas CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Mesin Perkakas CNC

CNC yang kita bahas  sebenarnya adalah suatu sistem operasi otomatis yang ada pada  mesin perkakas atau mesin produksi. CNC yang merupakan kependekan dari Computer Numerical Control ini merupakan sebuah  sistem yang bisa mengoperasikan mesin perkakas secara otomatis, bahasa yang digunakan untuk  memberi perintah dan pengoperasiannya berupa kode kode tertentu dengan angka angka koordinat yang disimpan  di dalam sebuah memori dalam atau di luar mesin yang akan menggerakkan sistem elektrik dan mekanik mesinnya.  

Sistem pengoperasian mesin-mesin perkakas  sebelumnya hampir semuanya dikontrol dan dioperasikan  dengan menggunakan  putaran tangan,  tangan memutar handle mesin yang kemudian akan memutar poros transportir atau eretan mesin untuk menggerakkan meja mesin ke arah sumbu tertentu (X,Y,atau Z) dengan jarak tertentu sesuai yang operator mesin inginkan.

Namun berbeda pada Mesin CNC, putaran tangan tersebut digantikan motor servo atau motor stepper yang akan berputar secara otomatis. Motor Servo  akan diperintahkan oleh suatu bahasa pemrograman tertentu  untuk berputar dengan jumlah putaran tertentu  yang kemudian diubah menjadi gerak lurus  dengan jarak tertentu sesuai yang programmer inginkan. 

Sejarah Revolusi Industri

revolusi industri

Jika kita melihat ke sejarah revolusi industri, Mesin uap telah menjadi pemicu bergulirnya revolusi industri 1.0, kemudian kehadiran tenaga listrik menandai kedatangan revolusi industri 2.0, dan revolusi berikutnya ditandai dengan kehadiran otomatisasi industri menggunakan komputer dan sistem robot.

CNC merupakan salah satu wujud dari revolusi industri 3.0 yang menjadi bagian dari sistem proses otomatisasi industri. Di tahap ini, komputer dan robot menjadi aktor utama, menandai mulai masuknya manusia ke era digitalisasi.

Mesin NC pertama diciptakan pertama kali pada tahun 1940-an dan 1950-an, dengan cara memodifikasi mesin perkakas biasa yang ditambahkan motor listrik ( servo, stepper ) yang nantinya akan menggerakan pengontrol mengikuti titik-titik yang dimasukan kedalam sistem menggunakan perekam kertas, seperti terlihat pada ilustrasi di bawah ini.

mesin nc

Mesin NC/CNC

Kemudian, mesin perpaduan antara servo motor dan pengontrol mekanis yang mengikuti titik-titik tersebut digantikan  menggunakan sistem analog dan kemudian komputer digital  yang kemudian dibuatlah mesin perkakas modern yang sekarang disebut dengan Mesin CNC (computer numerical control). Mesin-mesin CNC dibangun untuk menjawab tantangan efisiensi di dunia manufaktur modern berupa keseragaman hasil, kecepatan proses dan ketelitian produk yang terjamin.

BACA JUGA  G01 interpolasi lurus dengan gerak makan tertentu
komponen dasar nc

Komponen Dasar Mesin NC / CNC terdiri dari 3, yaitu : 

1. Program

2. Unit kendali atau processor

3. Dan Mesin Perkakas

Lantas,  apa perbedaan mendasar antara Mesin NC dengan mesin CNC ? Simak terus di artikel berikutnya yang akan menjelaskan lebih jauh tentang kedua jenis mesin tersebut.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.