5 Setup Cam Fusion untuk operasi pemotongan secara umum

Sebagian besar operasi pemotongan Fusion diatur dengan cara yang sama. Pengaturan tersebut dipecah menjadi lima kelompok tematik. Setelah Anda memahami bagaimana pengaturan diatur, pengetahuan Anda akan ditransfer dengan mudah ke seluruh operasi. Pada Artikel ini, anda akan dijelaskan 5 setup cam Fusion untuk proses pemotongan secara umum.

Apa saja keuntungan menggunakan Autodesk Fusion bagi anda?

5 Setup Cam Fusion untuk Pemotongan secara Umum

Tool

Pada Tab Tool ini Anda dapat memilih alat potong yang diperlukan dan jugasekaligus mengatur kecepatan dan feedingnya. Jika Anda telah membuat library alat potong dengan data-data feeding dan kecepatan yang sesuai, maka Anda akan dapat  melewati tab ini cukup mengklik dengan memilih alat pemotong Anda.

Geometri

Pada Tab geometri, Anda dapat memilih fitur model yang ingin dikerjakan, umumnya permukaan dari sisi model atau kontur sebuah model.

Opsi lain pada tab ini kurang banyak digunakan, dan mungkin tidak akan  terlalu sering Anda gunakan.

Sejauh ini, CAM sangatlah  mudah: pilih alat dan pilih fitur yang akan di proses mesin.

Height

Pada Tab height ini, Anda dapat  mengatur level Z dari beberapa operasi pemesinan. Rata-rata nilai default yang sudah ada biasanya sesuai dengankondisi pada umumnya. Namun, kadang-kadang, penting juga  bagi Anda untuk mengubah nilai di sini, jadi menurut saya ada baiknya memahami apa artinya pada tab ini.

Clearance height. Ini adalah ketinggian yang akan dicapai pahat saat bergerak cepat (G00) dari awal ke jalur pahat berikutnya.

Retract height

Ini adalah titik ketinggian dimana pahat akan ditarik kembali diantara lintasan pemotongan sebelum masuk ke lintasan pemotongan yang baru berikutnya.

BACA JUGA  Tips dan Trik: Yang Perlu Diketahui Saat Mempersiapkan Model CAD Anda untuk Pemesinan Milling CNC

Top height

Ini adalah ketinggian yang diharapkan Fusion untuk dapat mulai memotong. Pahat akan bergerak makan pada laju pemakanan pemotongan setelah mencapai Top height.

Bottom height

Ini adalah bagian bawah/dasar dari jalur pemotongan.

Setiap ketinggian ditentukan sebagai offset dari daftar ketinggian referensi. Misalnya, retract height default adalah 0,2″ dari bagian atas benda kerja, yang berarti bahwa pahat akan menarik kembali 2/10 inci di atas stok di antara setiap lintasan pemotongan.

Sebenarnya, Anda jarang perlu memodifikasi tiga ketinggian pertama. Tetapi bottom height penting ketika Anda ingin memotong semua bahan Anda. Dalam  beberapa kasus, Anda dapat menggunakan nilai offset negatif untuk memastikan pahat memanjang sedikit melewati bagian bawah stok Anda. Akan dibahas Lebih lanjut tentang ini nanti.

Pass

Pada Tab pass,  Anda dapat menyesuaikan kecepatan dan kualitas. Kecepatan lebih tinggi, kualitas lebih rendah. Pada tab ini Anda dapat menentukan parameter jalur pahat seperti stepover dan stepdown, Anda dapat menunjukkan apakah Anda akan membuat  lintasan roughing dan finishing, dll.

Tentu saja, lebih dari sekadar waktu dan kualitas yang dipertaruhkan. Jika Anda terlalu agresif dengan potongan Anda, dapat mematahkan alat potong. Pengaturan pada tab ini sangat penting, dan Anda akan sering mengeditnya.

Untuk pengaturan arah pemakanan, dapat dilakukan pada tab ini juga. Anda bisa memilih Apakah akan menggunakan conventional milling atau climb milling. Namun dari teori yang  saya telah baca,  bahwa climb milling biasanya meninggalkan hasil akhir yang lebih baik. Tapi anda harus mencobanya sendiri.

Juga, salah satu dari opsi pada tab ini adalah “Smoothing.” Saya hampir selalu memeriksa ini, karena Autodesk mengklaim itu adalah Hal baik yang perlu dilakukan.

BACA JUGA  Mengapa Memilih Autodesk Fusion untuk software CAD CAM? Simak penjelasannya!!

Linking

Pada Tab linking ini. Akan dijelaskan bagaimana pahat bergerak di antara setiap operasi pemotongan. Anda biasanya tidak perlu menyentuh opsi pada tab ini, kecuali dalam beberapa hal bila ada  skenario pemotongan yang perlu dipecahkan seperti kapan menggunakan plunging dan kapan menggunakan ramping.

Kesimpulan

Hal utama yang dapat diambil dari tinjauan ini adalah bahwa dalam banyak kasus, CAM cukup mudah. Pilih alat. Pilih fitur ke mesin. Jika perlu, sesuaikan beberapa pengaturan kualitas. Ada banyak pengaturan untuk dimainkan, tetapi sebagian besar tidak terlalu penting. Dan begitu Anda memahami dasar-dasarnya, bahkan pengaturan yang lebih tidak jelas pun jauh lebih mudah dipahami. 5 Setup Cam Fusion yang sudah diterangkan di atas adalah langkah sederhana dalam membuat Program CAM menggunakan Autodesk Fusion.

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya