6 Software Terbaik Untuk Semua Level Skill (Beberapa Gratis!)

Perangkat lunak Computer Numerical Control atau CNC membuat kode pemrograman dan instruksi yang digunakan untuk mengoperasikan pabrik CNC atau jenis mesin CNC lainnya. Sebagian besar perangkat lunak CNC bisa mengotomatiskan proses manufaktur, membuatnya lebih akurat, efisien dan konsisten.

Untuk membantu Anda, Kami akan menjelaskan perangkat lunak atau software CNC terbaik yang tersedia saat ini; baik perangkat lunak gratis maupun berbayar. Kami mencermati berbagai aspek kunci pada tiap perangkat lunak demi membantu Anda mendapatkan pilihan terbaik yang tepat.

Rekomendasi 6 Software Terbaik Untuk Semua Level Skill

Dapatkan rekomendasi 6 softare terbaik untuk semua level skill di bawah ini, ada beberapa software yang bisa Anda nikmati secara gratis, di sini :

Linux CNC

Jika Anda mencari software CNC gratis, tak ada salahnya jika Anda mencoba perangkat Linux CNC. Perangkat lunak berbasis open source ini sebenarnya sudah ada dari tahun 1993 dan sebagai salah satu rekomendasi paling populer bagi kalangan penggemar CNC. 

Aplikasi Linux CNC bisa mengontrol hingga 9 sumbu mesin CNC dan menjalankan pabrik, lengan robot, mesin bubut, pemotong plasma, pemotong laser, printer 3D, heksapoda dan banyak lagi. Ini menawarkan GUI berbeda yang cocok untuk jenis penggunaan tertentu, seperti pengembangan interaktif dan layar sentuh. 

Software Linux CNC juga sangat bisa disesuaikan dan dapat mendukung banyak fitur kontrol tingkat lanjut, termasuk kompensasi pemotong. Anda harus memiliki PC yang berkemampuan komputasi untuk menjalankan Linux. Jika tidak, Anda hanya bisa menjalankan versi trialnya saja. Karena aplikasi ini bekerja di bawah perangkat Linux.

BACA JUGA  Mengenal Software CAD, CAM dan CNC

Anda bisa menginstall Lnux CNC di Ubuntu dan Debian, atau melalui gambar USB/DVD live/Instal Linux. Perangkat lunak yang satu ini juga kompatible dengan banyak pilihan antarmuka hardeware kontrol mesin yang populer.

Easel

Ini merupakan software gratis dari Inventables, sebagai pembuat mesin-mesin CNC terbaik, seperti X-Carve. Dengan software Easel, Anda bisa mendesain, mengimpor dan mengukir pada satu program, ini artinya Anda tak membutuhkan perangkat lunak CAD atau CAM secara terpisah.

Program berbasis web ini merupakan perangkat lunak mesin CNC yang sangat mudah digunakan dan tentunya serbaguna. Melalui alat desain khusus dan aplikasi yang interaktif, tentu saja sangat cocok digunakan untuk proyek sederhana maupun kompleks.

rekomendasi software cnc terbaik

GRBL

Merupakan software CNC gratis yang digunakan pada beberapa mesin CNC terbaik, seperti Vevor CNC 2418 3 Axis dan Sainsmart Genmitsu 3018 Pro. Walaupun ini termasuk software yang sederhana, namun memiliki kualitas yang tinggi dan sangat mampu diandalkan.

GRBL adalah software berbasis Arduino yang kompatibel terhadap semua papan Adruino selain Arduino Mega. Program ini menjalankan mesin CNC dengan sangat lancar, menawarkan kontrol akselerasi dan deselerasi yang mengesankan. Sangat mudah dioperasikan dan diatur, menjadikannya sebagai pilihan software yang ramah bagi pemula.

GRBL tak hanya ideal bagi pemula saja, tetapi juga mempunyai banyak parameter yang canggih di dalamnya, sehingga membuatnya sangat cocok bagi pengguna profesional.

Planet CNC

Planet CNC adalah software router CNC luar biasa yang dilengkapi oleh perangkat kerasnya sendiri. Software ini memakai teknik yang lebih modern dibanding beberapa program yang ada, dengan berfokus pada manipulasi G-code. Software ini memungkinkan Anda untuk mengedit G-code, mencari sekaligus menandai baris kode. Selain itu, Planet CNC juga mendukung copy paste G-Code, memungkinkan fleksibilitas yang fantastis.

BACA JUGA  Hubungan CAD, CAM dan CNC

Keunggulan software intuitif ini ialah opsi konfigurasinya yang fleksibel dengan prosedur penggantian alat yang sepenuhnya bisa dikonfigurasi dan fitur simulasi. Ini mendukung banyak penggunaan mesin CNC, termasuk sinkronisasi spindel, tampilan video, pengukuran dan lainnya. Software ini juga terkenal akan ketahanan dan stabilitasnya.

Mach 4

Dikembangkan oleh Newfangled Solutions, seri Mach sendiri adalah pemimpin dalam perangkat lunak CNC. Mach 4 sendiri adalah penawaran terbarunya. Sebenarnya ada 2 versi software yang tersedia, yaitu versi hobi dan versi industri, untuk versi industri sendiri harganya lebih fantastis. Versi industri telah mencakup berbagai fitur canggih berupa kode Macro B G-Programming, pemetaan sekrup, manajemen masa pakai alat dan pengeditan GUI tingkat lanjut.

Mach 4 adalah software yang sangat intuitif dengan fitur yang bisa disesuaikan dan opsi kendali jarak jauh dengan penyesuaian GUI yang cepat dan mudah.

TurboCNC

Versi software CNC ini juga berbayar selain Mach 4. Sebenarnya TurboCNC bukan program baru yang mencolok, namun ini adalah perangkat lunak yang berkualitas. Sama halnya dengan linux CNC, TurboCNC sudah ada selama bertahun-tahun dan tetap menjadi pilihan populer bagi kalangan penggemar CNC dan mempunyai komunitas pengguna yang aktif. Perangkat lunak ini  berjalan pada sistem operasi MS-Dos,.

Nah, itulah 6 rekomendasi software CNC terbaik yang diantaranya ada software gratisan yang dapat Anda nikmati. Jika Anda kesulitan menggunakan software CNC untuk membuat mesin CNC atau mesin milling Anda lebih akurat, percayakan kepada Kami Sentra Teknika Prima. Kami menawarkan jasa pembuatan suku cadang bagi semua industri yang memberikan pelayanan berkualitas melalui dukungan teknologi mutakhir. 

Itulah 6 rekomendasi software CNC terbaik

Sumber : https://www.cncsourced.com/cnc-machining/best-cnc-software-free-professional/