7 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMK Jurusan Mesin

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

7 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMK Jurusan Mesin

Jika Kamu sebentar lagi lulus dari SMK Jurusan Mesin; tentu saja jangan ragu untuk memilih berkuliah atau bahkan bekerja sesuai dengan jurusan yang Kamu geluti tersebut. Ada beberapa peluang kerja yang cocok bagi lulusan SMK Jurusan mesin berikut ini :

Operator Mesin Perkakas

Pekerjaan Operator Mesin Perkakas sangat cocok bagi lulusan SMK jurusan Mesin. Karena biasanya pekerjaan operator ini memerlukan kualifikasi pendidikan setidkanya SMK jurusan permesinan. Kemampuan yang diperlukan biasanya ialah bisa mengoperasikan mesin CNC; frais dan bubut, dan mampu memahami gambar teknik.

Teknik Fabrikasi

Bagi lulusan SMK jurusan Teknik; tentu saja mejadi teknisi fabrikasi dapat dijadikan sebagai pilihan yang ideal. Pekerjaan menjadi teknisi fabrikasi biasanya mencakup pelaksanaan pengoperasian pada mesin las; serta melakukan welding material baik sesuai instruksi maupun petunjuk yang ada. Selain itu; kualifikasi menjadi teknik fabrikasi lainnya tentu saja mampu menggunakan mesin dan membaca serta memahami gambar teknik.

Staf Produksi

Staf produksi di Indonesia juga termasuk salah satu pekerjaan yang banyak dicari perusahaan. Nah, jika Kamu termasuk lulusan SMS dari jurusan mesin lalu ingin bekerja di perusahaan industri. Maka Kalian bisa melamar sebagai staff produksi. Bahkan gaji menjadi staff produksi pun bisa dibilang cukup menjanjikan.

Injection Molding Setter

Untuk yang memiliki kemampuan dalam mengatur mesin blow molding dan injection molding; tentu saja pekerjaan ini dapat dijadikan pilihan yang ideal. Biasanya pekerjaan menjadi injection molding setter sendiri; diantaraya harus bisa menjalankan dan mengoperasikan mesin injection berdasarkan prosedur yang ada; serta bisa melakukan pengecekan dan peralatan penunjang mesin tersebut.

Apalagi jika Kamu mempunyai pengetahuan tentang teknologi robotik; hal ini bisa menjadi nilai plus tersendiri.

Pengusaha Dalam Bidang Permesinan

Jika tidak ingin bekerja di bawah naungan perusahaan atau mungkin Kamu lebih tertarik berwirausaha; kenapa tidak? Karena pekerjaan menjadi pengusaha sendiri tak mengenal pendidikan dan batas usia. Jika ingin meniti karier menjadi pengusaha muda. Maka Kamu dapat mengandalkan kemampuan permesinanmu dalam membuka sebuah jasa atau usaha terkait kemampuanmu dalam bidang permesinan.

Teknisi Crane

Teknisi Crane juga termasuk pekerjaan ideal bagi lulusan anak SMK jurusan mesin. Di sini tugasmu tentu saja bukan menjadi driver crane; tetapi sebagai teknisi perbaikan pada mesin crane atau melakukan pengecekan kondisi mesin secara berkala. Untuk itu, mungkin Kamu harus mempunyai kemampuan dalam memahami operasional pada mesin crane.

Lulusan SMK Jurusan Mesin

Petugas Pemeliharaan Kabel Listrik

Mungkin pekerjaan ini lebih cocok bagi lulusan SMK yang mengambil jurusan teknik mesin. Tapi, jika Kamu lulusan SMK mesin; tak ada salahnya mencoba melamar pekerjaan di bidang ini. Karena biasanya perusahaan memberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke lapangan langsung.

Selain itu, penghasilan yang didapatkan pun cukup menjanjikan.

Jadi, jika Kamu memang belum mempunyai dana yang cukup untuk melanjutkan kuliah ke teknik mesin; tak ada salahnya melamar pekerjaan di atas untuk mengumpulkan modal kuliah atau mungkin ingin langsung terjun ke dunia pekerjaan permesinan.

Karena bagaimanapun, lulusan SMK mesin akan selalu dibutuhkan. Meskipun Kamu baru lulusan SMK; jangan minder untuk mencari kerja di bidang permesinan sesuai keahlian dan kemampuanmu.

Jika Kamu sedang mencari jasa pekerjaan CNC lathe, CNC milling, die casting atau lainnya, jangan ragu menghubungi Sentra Teknika Prima. Karena Kami siap membantu klien yang memiliki bisnis dalam bidang manufaktur permesinan.