Alat Cekam Benda Kerja Yang Sering Dibutuhkan Oleh Operator Mesin Bubut CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Alat cekam benda kerja pada mesin bubut CNC atau disebut juga Chuck dipasang pada spindle utama mesin. Fungsinya adalah untuk menjepit benda kerja yang akan dibubut. Chuck dilengkapi dengan kunci chuck, yaitu alat untuk membuka dan memasang benda kerja.

Setiap proses pengerjaan pemesinan tentunya benda kerja akan membutuhkan alat bantu agar dapat dipasang pada mesin. Oleh sebab itu, pengetahuan seorang operator CNC mengenai bagaimana teknik memasang benda pada sebuah mesin haruslah memadai. Operator mesin CNC dapat mempelajarinya dengan mengenal macam-macam alat cekam benda kerja beserta cara kerjanya.

Ditinjau dari jumlah rahangnya, chuck terdiri dari chuck rahang tiga dan chuck rahang empat.

1. Chuck Rahang Tiga

Benda kerja yang dipasang pada chuck rahang tiga pada umumnya  sudah berada pada sumbu senter. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk mengencangkan benda kerja antara lain sebagai berikut :

– perhatikan bahan benda kerja yang akan diproses, misalnya apakah dari bahan alumunium ,baja atau yang lainnya.

– ukuran chuck yang akan digunakan, bila menggunakan chuck yang berukuran kecil maka dalam pengencangannya harus lebih hati-hati jangan sampai membuat ulir scrolnya menjadi gompal sehingga rahang sulit diputar.

– perhatikan kebersihan chuck, terutama dari tatal yang masuk ke dalam chuck yang seringkali menghalangi ulir sehingga rahang sulit diputar.- ketahui posisi dan fungsi bagian-bagian atau komponen-komponen pada chuck untuk memudahkan pembongkaran dan pemasangan kembali chuck tersebut

chuck rahang tiga

2. Chuck Rahang Empat

Penjepitan benda kerja pada chuck rahang empat dilakukan dengan mengencangkan rahang satu persatu. Sehingga diperlukan adanya pengetahuan dan keterampilan lebih dari seorang operator mesin dalam pemasangan benda kerja agar berada pada satu sumbu dengan sumbu mesin. Chuck rahang empat biasanya digunakan untuk menjepit benda kerja yang berbentuk eksentrik atau poros engkol.

Chuck rahang empat ada juga yang memiliki rahang dengan posisi sepusat seperti pada chuck rahang tiga.

Jika dilihat dari bentuk benda kerja yang akan dijepitnya, apakah itu benda pejal ataukah benda berongga/berlubang seperti pipa, maka  penjepitan dengan alat cekam dapat dibedakan menjadi dua cara, yaitu :

1. Penjepitan benda kerja pejal, dapat dilakukan dengan gaya jepit yang arahnya ke dalam atau ke pusat sumbu benda kerja, dimana benda kerja dijepit dengan rahang-rahang atau dengan step rahang.

2. Penjepitan benda kerja berongga, dapat dilakukan dengan gaya jepit yang arahnya keluar. Dengan catatan,pada saat mesin dijalankan jangan sampai pahat atu turret membentur rahang dari cekam, oleh sebab itu saat memprogram atau mengeset mesin ukuran rahang perlu diketahui dan diseting pada posisi aman.

chuck rahang empat
chuck rahang empat

Kesimpulan

Setelah mempelajari berbagai macam alat cekam beserta cara kerjanya, diharapkan seorang operator mesin CNC dapat memasang benda kerja pada mesin CNC dengan benar, sehingga dapat memperlancar proses kerja selanjutnya pada mesin CNC.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.