Alat Cekam Benda Kerja Yang Sering Digunakan Oleh Operator Mesin Milling CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Setiap proses pengerjaan pada mesin perkakas, benda kerja  yang akan diproses harus di pasang pada meja mesin dengan kuat. Untuk memasang benda kerja pada  meja mesin dibutuhkan suatu alat bantu yang biasa disebut dengan alat cekam. Selain mengetahui macam-macam alat cekam yang dibutuhkan untuk memasang benda kerja, seorang operator CNC pun perlu memiliki pengetahuan tenang bagaimana cara memasang benda kerja  pada sebuah mesin. Jadi, salah satu syarat untuk menjadi operator mesin CNC adalah mengetahui macam-macam alat cekam benda kerja,  cara kerjanya dan cara pemasangannya.

Pada mesin CNC, perlengkapan dan peralatan pencekam benda kerja ada yang dapat dioperasikan secara mekanis, hidrolis, pneumatis, magnetic, atau elektronik. Kalau kita kategorikan, macam – macam alat pencekam benda kerja yang biasa digunakan para operator CNC adalah penjepit benda kerja diantaranya ragum mesin, Klem, dan ada juga meja putar + Cak

Penjepit benda kerja berfungsi untuk menjepit benda kerja pada meja mesin agar kokoh dan berada dalam posisi aman. 

Secara umum terdapat dua macam bentuk benda kerja, yaitu benda kerja yang berbentuk teratur ( bulat, segi empat, segi beraturan, alur beraturan)  dan benda kerja yang berbentuk tidak teratur( blok mesin dan semacamnya). Oleh karena itu dalam pemilihan alat penjepit benda kerja harus sesuai dengan bentuk dan ukuran benda kerja tersebut agar aman dalam proses pengerjaannya dan dapat menghasilkan benda kerja yang baik.

Ragum

Salah satu jenis  penjepit benda kerja yang biasa digunakan adalah ragum mesin. Ragum ini  berfungsi untuk menjepit benda kerja yang berbentuk sederhana dan biasanya hanya digunakan untuk proses milling bidang datar saja.

penjepit

Mill Table

Penjepit benda kerja berikutnya yang sering digunakan adalah Klem. Klem ini terdiri dari baut T , Klem Lurus ( Strap Clamp), dan baut untuk mengatur ketinggian. Seperti terlihat pada ilustrasi di bawah ini, benda kerja dijepit pada meja mesin dengan klem yang dilengkapi dengan baut T dan Baut pengatur.

mill table

Rotary Table

Berikutnya adalah meja putar, meja putar ini  merupakan alat bantu benda kerja yang disetel pada meja mesin. Meja putar memerlukan cak dan klem agar bisa menjepit benda kerja. Alat ini, Meja Putar dilengkapi dengan ukuran skala sudut sehingga benda kerja yang dipasang pada meja putar dapat diputar dengan sudut tertentu. Meja putar digunakan untuk memposisikan atau untuk membagi sudut pada benda kerja. Misalnya untuk melubangi benda kerja dengan posisi lubang yang beraturan atau membuat segi beraturan. Pemasangan meja putar dapat dilakukan baik secara horizontal maupun vertical.

rotary table

Setelah mempelajari berbagai macam alat cekam beserta cara kerjanya, diharapkan seorang operator mesin CNC ketika endapatkan form Program dapat memasang benda kerja pada mesin CNC dengan benar, sehingga proses kerja pada mesin CNC menjadi lancar.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.