ALUR KERJA PROSES OPERASI MILLING CNC Dengan Fusion 360.

Pada artikel ini, anda akan dijelaskan tentang Alur kerja Proses Operasi Milling CNC Fusion berdasarkan pengalaman penulis. Anda akan dijelaskan versi ringkas dari proses terperinci yang disarankan oleh Autodesk. Alur kerja berikut adalah representasi sederhana dari proses pemrograman untuk operasi milling CNC dengan Fusion 360.

Alur Proses Operasi milling cnc Fusion 360

Pemodelan  dan Desain/perancangan untuk proses MIlling CNC.

Di bagian ini sebuah produk akan  dimodelkan terlebih dahulu. Melalui Model 3D sebuah produk, Programmer akan dapat merencanakan ada berapa langkah sekuens permesinan yang akan dilakukan. Kemudian,  mempertimbangkan keterbatasan yang ada dari proses Milling CNC  tersebut. Dan yang terakhir adalah, perkakas apa saja yang tersedia untuk  proses Milling tersebut.

SET UP

Pada tahap ini, programmer akan melakukan proses persiapan terlebih dahulu. Proses SetUp ini sangat mudah dilakukan. Pada proses ini, programmer dapat menentukan  material yang akan digunakan serta  langsung menentukan Sistem Koordinat Kerja (WCS) yang akan dipanggil ke dalam program.

Operasi Milling

Programmer akan menginformasikan kepada  Fusion 360, operasi mana saja yang harus dilakukan oleh Fusion. Selanjutnya, di bagian mana saja proses tersebut harus dilakukan. Kecepatan serta feeding berapa yang digunakan pada proses pengasaran dan proses finishing. Pada proses ini kita akan banyak fokus pada operasi penggilingan 2D, karena operasi penggilingan 3D sangat kompleks.

Simulasi

Proses ini adalah bagian penting dari sebuah proses mendesain. Pada simulasi  ini, perancang akan dapat menyadari sebagian besar kesalahan dalam sebuah proses operasi. Di sini, program dapat menunjukkan kesalahan sebelum terjadi. Pada tahapan simulasi ini, perancang akan  bolak-balik dari  simulasi ke opoerasi milling untuk melakukan modifikasi operasi milling, sebelum melanjutkan ke langkah terakhir. Proses bolak -balik ini adalah sangat wajar dilakukan oleh perancang.

BACA JUGA  Parameter Proses Pemakanan pada CNC? (1)

Post Processing

Di proses inilah Fusion 360 akan membuat kode-G khusus mesin Anda. Fusion akan mengkonversi setiap operasi milling yang sudah kita tentukan ke dalam sebuah blok program CNC. Fusion akan menerjemahkan operasi yang dibuat oleh programmer ke bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin CNC Anda.

Install Fusion Anda dari situs Autodesk , dan cara installnya dapat anda lihat di artikel ini.

Ikuti kelas kursus untuk menjadi Programmer CNC secara gratis di sini. Dan manfaatkan peluang untuk mengikuti Magang Offline setelah mengikuti semua kelas kursusnya