Apa Itu Operator Milling Manual?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Apa Itu Operator Milling Manual? Simak Jawabannya Di Sini!

Apa itu operator milling manual? Operator milling adalah pekerja logam terampil yang mengkhususkan diri melakukan operasi pemesinan menggunakan mesin milling. Ini adalah alat mesin yang digunakan untuk menghasilkan alur, lubang slot dan permukaan berkontur. 

Mesin milling bisa digunakan untuk melakukan berbagai operasi pemesinan menghilangkan material yang kompleks; seperti memotong alur dan slot, memproduksi cetakan, grooves, dan contoured surfaces.

Dulu, semua operator mesin milling mengoperasikan mesin milling manual. Tapi seiring waktu, operator mesin milling kini bekerja menggunakan peralatan mesin yang memanfaatkan teknologi komputer yang dikendalikan secara numerik; atau biasa dikenal sebagai mesin CNC.

Mesin CNC adalah alat pemesinan otomatis dan bisa diprogram dengan menggunakan program tertentu; untuk melakukan operasi permesinan melalui intervensi minimal manusia.

Terlepas dari meningkatnya ketergantungan mesin milling saat ini dalam sistem teknologi digital; ahli mesin milling modern masih memerlukan keterampilan manual; khususnya saat mengerjakan prototipe atau memproduksi potongan mesin dalam jumlah yang kecil.

Mari kita lihat secara mendetail apa yang secara khusus melibatkan seorang operator milling. Ahli mesin penggilan dan operator pabrik CNC melakukan operasi pemesinan pada benda kerja logam, berdasarkan desain mekanis.

Tugas dan Tanggung Jawab Operator Milling

Tugas mereka termasuk mempersiapkan mesin milling; memilih dan memasang alat pemotong yang sesuai dan melakukan operasi penggilingan yang diperlukan. Dalam kasus pabrik CNC, tugas operator termasuk mengatur parameter mesin; memilih program CNC yang sesuai, mengamankan benda kerja; mengawasi permesinan dan menghidupkan mesin. Pada akhir proses, operator bertanggung jawab memeriksa benda kerja menggunakan alat ukur dan melakukan operasi finishing.

Operator milling mungkin juga diminta melakukan perawatan rutin dan preventif pada mesin. CNC dan operator milling konvensional umumnya bekerja untuk perusahaan teknik; perusahaan industri otomotif dan toko fabrikasi kecil/menengah yang melakukan operasi pemesinan presisi. Jam kerja operator mesin milling mungkin bisa dikatakan penuh waktu atau berbasis shift.

Tugas dan Tanggung Jawab Operator Milling diantaranya :

  1. Mempersiapkan mesin penggilingan dan memposisikan benda kerja.
  2. Memilih dan menjalankan program CNC (untuk pabrik CNC).
  3. Memantau proses pemesinan (untuk pabrik CNC).
  4. Pemesinan benda kerja secara manual (manual mill).
  5. Memeriksa bahwa benda kerja yang telah selesai memenuhi semua dimensi dan toleransi yang ditentukan.
  6. Melakukan perawatan rutin pada mesin dan peralatan milling.
operator milling manual

Bagaimana Menjadi Operator Mesin Milling?

Calon operator mesin milling dapat mengikuti kursus pelatihan profesional untuk operator mesin milling atau ahli mesin CNC. Lowongan untuk operator milling biasanya membutuhkan ijazah sekolah menengah yang secara idealnya fokus pada keterampilan mekanik dan teknis.

Keterampilan kunci lain yang dibutuhkan seorang masinis penggilingan termasuk pengetahuan tentang elektromekanik dan bahasa pemrograman CNC. Keakraban dengan sifat-sifat material yang sedang dikerjakan dan berbagai tahapan proses pemesinan dan kesadaran akan semua peraturan terkait kesehatan dan keselamatan kerja yang relevan.

Operator mesin milling biasanya memulai karier mereka dengan magang kerja; setelah itu mereka harus bisa melakukan pekerjaan pemesinan berkualitas tinggi tanpa pengawasan sesuai spesifikasi teknis dan standar produksi yang diperlukan. Profesi ini menggabungkan antara keterampilan manual dengan teknologi produksi modern.

Oleh karena itu, penting bagi operator milling untuk melacak perkembangan terbaru dari pemrograman CNC dan teknik pemesinan. Berbicara terkait operator mesin milling; jika Anda adalah perusahaan yang membutuhkan jasa pemesinan; baik mesin bubut atau mesin milling CNC.

Anda bisa mempercayakannya pada Sentra Teknika Prima yang sudah memiliki ahli profesional di bidang pemesinan ini. STP juga telah berpengalaman selama belasan tahun dalam pekerjaan pembubutan atau pembuatan spare part custom pada mesin milling.