Apa itu Proyeksi dalam Gambar Teknik

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursuscnc, pada artikel ini akan saya jelasakan tentang apa itu proyeksi dalam gambar teknik,.

Proyeksi adalah gambar  dari suatu benda nyata atau khayal, yang dilukiskan  menurut garis  garis pandangan pengamat pada  suatu bidang datar. dapat dilihat pada gambar ilustrasi di atas.

Dengan  kata lain proyeksi ini adalah ilmu yang mempelajari tentang cara menggambarkan penglihatan mata kita dari suatu benda 3 dimensi kedalam kertas gambar secara 2 Dimensi. Sehingga apa yang dilihat atau dipandang sesuai dengan penglihatan mata kita.

Klasifikasi Proyeksi

Secara umum menggambar proyeksi  terbagi dalam dua kelompok  besar yaitu proyeksi Perspektif dan Proyeksi Paralel.  Kita akan banyak membahas Proyeksi Paralel, karena di dunia manufaktur proyeksi paralel akan lebih banyak digunakan pada dunia industri manufaktur.

Kemudian proyeksi Paralel, dibagi lagi menjadi:

Tidak semua proyeksi perlu dikuasai oleh seorang oparator CNC. Seorang Operator CNC hanya perlu menguasai Proyeksi Isometri dan proyeksi normal saja. Karena di dunia manufaktur hanya proyeksi tersbutlah yang banyak di pakai. namun tidak mengapa ketika kita ingin mempelajari secara utuh apa itu Proyeksi dalam Gambar Teknik.

Proyeksi Paralel

Seperti terlihat pada klasifikasi di atas , Proyeksi Aksonometri tegak terdiri dari  proyeksi isometri, dimetri dan trimetri.

Proyeksi isometri ialah suatu proyeksi yang mempunyai perbandingan panjang antara ketiga sumbunya, yaitu x : y : z adalah 1 : 1 : 1, sedangkan jarak antar sumbu membentuk sudut sebesar 120 derajat. Pada proyeksi ini ciri yang paling mendasar adalah besar sudut antara sumbu x dan y terhadap garis mendatar adalah 30 derajat.

Menurut definisinya proyeksi isometri adalah proyeksi aksonometri dimana pandangan yang dipilih dari objek, diletakkan sedemikian rupa terhadap bidangproyeksi sehingga proyeksi panjang sisi-sisi objek tersebut memendek dengan skala yang sama ke arah ketiga koordinatnya.

Proyeksi orthogonal adalah proyeksi suatu titik, garis, bidang, dan benda terhadap suatu bidang proyektor yang tegak lurus terhadap bidang proyektornya .

Proyeksi Normal  merupakan proyeksi paralel tegak dimana pandangan-pandangan utama yang dipilih dari suatu objek terletak paralel terhadap satu atau beberapa bidang proyeksi. Hal ini berarti titik pengamatan normal terhadap bidang proyeksinya dan terletak pada jarak yang tak terhingga dari objek. Bidang proyeksi dapat terletak didepan atau dibelakang objek. Jarak objek ke bidang proyeksi menjadi tidak penting karena objek akan diproyeksikan tegak lurus (normal) ke bidang proyeksinya.

Proyeksi Normal  terdiri dari dua macam yaitu proyeksi eropa dan proyeksi amerika.

Proyeksi eropa disebut juga proyeksi sudut pertama atau proyeksi kwadran I. Proyeksi Eropa merupakan proyeksi yang letaknya terbalik dengan arah pandangnya.

Proyeksi Amerika adalah benda yang akan digambar seolah-olah diletakkan di dalam peti yang sisi-sisinya tembus pandang sebagai bidang proyeksi seperti gambar di bawah. Pada tiap-tiap bidang proyeksi akan tampak gambar pandangan dari benda menurut arah pandangan yang ditunjukkan oleh arah panah.

Untuk lebih detailnya dapat dilihat pada artikel terpisah.

Untuk mempelajari gambar teknik dengan lebih terstruktur mendalam, sobat semuanya dapat mengikuti kelas online-nya. Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses .

Kelas gambar teknik dasar adalah kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.