Apa Pemesinan CNC Itu? – 2/2

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Berbagai Jenis Mesin CNC

Mesin kontrol numerik paling awal berasal dari tahun 1940-an ketika motor pertama kali digunakan untuk mengontrol pergerakan alat yang sudah ada sebelumnya.

Sebagai teknologi maju, mekanisme ditingkatkan dengan komputer analog, dan akhirnya dengan komputer digital, yang mengarah pada munculnya mesin CNC.

Sebagian besar peralatan CNC saat ini sepenuhnya elektronik. Beberapa proses yang dioperasikan dengan CNC yang lebih umum termasuk pengelasan ultrasonik, pembuatan lubang dan pemotongan laser.

Mesin yang paling sering digunakan dalam sistem CNC meliputi:

Mesin Milling CNC

Milling CNC mampu menjalankan program yang terdiri dari petunjuk berbasis angka dan huruf yang memandu potongan melintasi berbagai jarak.

Pemrograman yang digunakan untuk mesin milling dapat didasarkan pada kode-G atau beberapa bahasa unik yang dikembangkan oleh tim manufaktur. Mesin milling dasar terdiri dari sistem tiga sumbu (X, Y dan Z); meskipun sebagian besar mesin milling baru dapat menampung tiga sumbu tambahan.

Mesin Bubut

Pada mesin bubut, benda kerja dipotong dalam arah melingkar dengan alat potong yang dapat diindeks. Dengan teknologi CNC, pemotongan yang dilakukan oleh mesin bubut dilakukan dengan kepresisian dan kecepatan tinggi.

Mesin bubut CNC digunakan untuk menghasilkan desain kompleks yang tidak mungkin dilakukan pada versi mesin yang dijalankan secara manual. Secara keseluruhan, fungsi kontrol mesin milling dan mesin bubut yang dijalankan CNC serupa.

Seperti halnya mesin milling CNC, mesin bubut dapat diprogram dengan kode-G atau kode yang unik. Namun, sebagian besar mesin bubut CNC terdiri dari dua sumbu – X dan Z.

Pemotong Plasma

Dalam pemotong plasma, obor plasma memotong bahan. Proses ini terutama diterapkan pada bahan logam tetapi juga dapat digunakan pada permukaan lain. Untuk menghasilkan kecepatan dan panas yang diperlukan untuk memotong logam, plasma dihasilkan melalui kombinasi gas udara terkompresi dan busur listrik.

Mesin Pelepasan Listrik atau Electric-Discharge Machining (EDM)

Electric-discharge machining (EDM) — secara bergantian disebut sebagai die sinking dan spark machining — adalah proses yang membentuk benda kerja menjadi bentuk tertentu dengan percikan listrik. Dengan EDM, pelepasan arus terjadi antara dua elektroda, dan ini menghilangkan bagian tertentu dari benda kerja.

Ketika ruang antara elektroda menjadi lebih kecil, medan listrik menjadi lebih kuat dan dengan demikian lebih kuat daripada dielektrik. Ini memungkinkan arus mengalir di antara dua elektroda.

Akibatnya, bagian dari benda kerja dihilangkan oleh masing-masing elektroda. Subtipe EDM meliputi:

Kawat EDM:

Kawat EDM menggunakan erosi percikan untuk menghilangkan bagian dari bahan konduktif elektronik.

Sinker EDM:

Sinker EDM menggunakan elektroda dan benda kerja yang direndam dalam cairan dielektrik untuk tujuan pembentukan benda kerja.

Dalam proses yang dikenal sebagai pembilasan, puing-puing dari setiap benda kerja jadi dibawa oleh dielektrik cair; yang muncul setelah arus antara dua elektroda telah berhenti dan dimaksudkan untuk menghilangkan muatan listrik lebih lanjut.

Pemotong Jet Air

Dalam permesinan CNC, jet air adalah alat untuk memotong bahan keras; seperti granit dan logam, dengan aplikasi air bertekanan tinggi. Dalam beberapa kasus, air dicampur dengan pasir atau bahan abrasif kuat lainnya. Perusahaan sering membentuk benda kerja pabrik melalui proses ini.

Jet air digunakan sebagai alternatif pendingin untuk bahan yang tidak mampu menanggung proses intensif panas dari mesin CNC lainnya. Karena sifatnya yang lebih dingin, beberapa sektor seperti industri kedirgantaraan dan pertambangan bergantung pada jet air. Di mana mereka menggunakannya untuk mengukir dan memotong, di antara fungsi lainnya.

Perusahaan juga menggunakan pemotong jet air untuk aplikasi yang membutuhkan pemotongan material yang sangat rumit. Karena kurangnya panas mencegah perubahan sifat intrinsik material yang mungkin terjadi akibat pemotongan logam pada logam.

Apa Lagi yang Bisa Dilakukan Mesin CNC?

Seperti yang ditunjukkan oleh banyak demonstrasi video pemesinan CNC; perusahaan menggunakan mesin CNC untuk pemotongan logam yang sangat detail untuk produk perangkat keras industri.

Selain mesin yang disebutkan di atas; Anda dapat menemukan beberapa mesin umum lainnya yang digunakan dalam proses manufakturing CNC untuk menghasilkan produk CNC yang sangat detail dan akurat.

Beberapa produk paling umum yang diproduksi oleh mesin CNC termasuk suku cadang kedirgantaraan baja, komponen otomotif logam, dekorasi kayu, dan barang-barang konsumen plastik.

Karena produk CNC ini memiliki persyaratan yang unik; mesin CNC secara regular menggunakan alat dan komponen lain. Lihat beberapa mesin utama yang digunakan dalam sistem CNC:

  • Mesin bordir
  • Router kayu
  • Pemukul turret
  • Mesin pembengkok kawat
  • Pemotong busa
  • Pemotong laser
  • Gerinda silinder
  • printer 3D
  • Pemotong kaca

Karena mesin CNC dapat mengimplementasikan begitu banyak alat dan komponen lain; Anda dapat mempercayainya untuk menghasilkan berbagai barang yang hampir tak terbatas dengan cepat dan akurat.

Misalnya, ketika pemotongan rumit perlu dilakukan pada berbagai tingkat dan sudut pada benda kerja; itu semua bisa terjadi dalam hitungan menit pada pemesinan CNC.

Selama mesin diprogram dengan kode yang benar; fungsi mesin akan melakukan langkah-langkah seperti yang ditentukan oleh perangkat lunak. Menyediakan semuanya dengan dikodekan sesuai dengan desain; detail produk dan nilai teknologi harus muncul setelah proses selesai.

Pilih Sentra Teknika untuk Kebutuhan Manufaktur CNC Anda

Saat Anda membutuhkan yang terbaik di bidang manufaktur dan permesinan CNC; hubungi Sentra Teknika Prima. Kami didukung oleh lebih dari 20 tahun pengalaman kami bekerja di industri permesinan dan staf anggota tim ahli dengan sertifikasi CNC.

Sebagai perusahaan, kami berdedikasi untuk memberikan nilai luar biasa kepada setiap klien yang kami layani. Karena komitmen ini, kami dapat memproduksi suku cadang dan komponen permesinan khusus dan membangun mesin khusus yang dirancang khusus untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Tinjau layanan mesin presisi CNC kami hari ini untuk melihat apa yang dapat kami lakukan untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau siap untuk bermitra dengan kami, silakan hubungi kami.