Apa Toleransi Ukuran Itu?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat kursus CNC, pada artikel ini akan dibahas apa toleransi ukuran itu?

Pada gambar teknik, suatu alat atau benda kerja sangat sulit dapat dibuat dengan ukuran yang tepat sesuai permintaan. Karena menyangkut ketelitian dalam proses pembuatannya.

Hal ini menuntut kesadaran dari seorang perencana bahwa perlu diberikan batas penyimpangan yang diizinkan pada setiap ukuran elemen. Dua batas penyimpangan ukuran yang diizinkan ini disebut toleransi.

Untuk mempermudah pembahasan dan karena pentingnya peranan benda silindris, maka kita hanya akan membahas toleransi ukuran pada komponen-komponen silindris.

Meski demikian, berlaku juga untuk komponen-komponen datar. Sehingga istilah lubang dan poros dapat berarti secara luas untuk menunjukkan ruang kosong dan ruang padat, misalnya lebar alur pasak dan tebal pasak.

Dengan mengambil contoh poros dan lubang, pada gambar di bawah ditunjukkan definisi istilah-istilah yang akan digunakan dalam pembahasan toleransi.

Selanjutnya untuk mempermudah penggambaran, gambar di atas disederhanakan menjadi bagan diagram seperti pada gambar bawah.

Pada bagan diagram ini sumbu komponen ditetapkan selalu dibawah dan tidak digambarkan.

Posisi daerah toleransi, baik untuk lubang maupun poros dapat terletak di atas maupun di bawah garis nol. Pada gambar di bawah ditunjukkan contoh tiga macam posisi daerah toleransi poros. Perhatikan notasi-notasi yang menyatakan penyimpangannya. 

Demikianlah pembahasan Apa itu toleransi Ukuran .

Silahkan kunjungi kelas-kelas pembelajaran yang telah kami sediakan di halaman all courses . Ikuti Kelas gambar teknik dasar yang merupakan kelas dasar yang wajib diikuti dan dipelajari oleh semua peserta yang akan mempelajari dasar CNC.