Aplikasi CNC Simulator Pada Sistem Android

Aplikasi CNC Simulator Pada Sistem Android

Sebagai salah satu penunjang terpenting dalam pembelajaran teknik permesinan; peranan mesin CNC sudah tak diragukan lagi dan tentunya menjadi peralatan wajib yang harus dimiliki untuk peralatan praktek. Hanya saja sayangnya mesin CNC termasuk sejenis mesin yang harganya sangat fantastis.

Bahkan harga jual mesin CNC lathe yang spesifikasinya terendah sekalipun ada di kisaran harga ratusan juta. Untuk sekolah yang menyediakan jurusan mesin tapi mempunyai budget yang belum mencukupi tentu harga tersebut tergolong sangat fantastis.

Bahkan tak sedikit jurusan mesin yang ada di beberapa sekolah masih belum mempunyai mesin CNC untuk menunjang aktivitas pembelajaran.

Selain itu, Anda harus tahu bahwa mesin CNC yang dijual di pasaran ada banyak jenisnya, mulai dari merk Fanuc, Sinumeric, GSK, Mitsubishi, Greamet serta banyak lagi mesin CNC dari merk lainnya. Selain itu, tak sedikit simulator CNC sebagai sarana yang dapat menunjang pembelajaran CNC.

Seperti diantaranya Swansoft, CNC Simulator dan Mach3, ketiganya adalah jenis software yang bisa berjalan menggunakan perangkat komputer. Hanya saja, tak sedikit siswa yang tak mempunyai komputer, tapi para peserta didik kini telah banyak memanfaatkan smartphone Android hingga iPhone.

Beberapa waktu terakhir ini, dunia memang tengah berjuang menghadapi pandemi virus Covid-19. Dengan kemunculan virus ini, menyebabkan seluruh aktivitas berkumpul menjadi dilarang pemerintah; termasuk menutup aktivitas belajar mengajar yang berlangsung di sekolah.

Untuk guru praktek, terutama mesin CNC yang mana proses pembelajaran berlangsung melalui praktek; tentu mau tak mau sistem pembelajaran perlu menyesuaikan kondisi. 

Untuk tetap bisa menyampaikan pembelajaran terkait CNC; kini ada aplikasi simulator mesin CNC yang bisa berjalan di perangkat android. CNC Simulator adalah hasil pengembangan dari perusahaan Vitlab teknologi untuk membantu proses pembelajaran, terutama pelajaran CNC.

BACA JUGA  Bagian-bagian Mesin Bubut yang perlu diketahui Operator CNC

Pasalnya CNC Simulator sendiri lebih memfokuskan program fanuc; tapi ternyata untuk program sinumeric melalui sistem kontrol 808D mesin siemens 150L hasil rakitan CNC Indonesia pun bisa memakai simulator CNC ini.

aplikasi cnc simulator

Mengenal CNC Simulator Untuk Android

Simulator software mesin bubut kontrol numerik atau CNC ialah hasil pengembangan metodologis dalam bidang pendidikan; dengan tujuan untuk memberikan pengenalan dasar terkait spesialis bangunan mesin bagi pemula; melalui prinsip pemrograman operasi untuk pembalikan spare part memanfaatkan kode GM standar atau sistem Fanuc A.

Ada pun dasar pada model simulasi 3D ialah mesin bubut yang dibuat dari susunan unit klasik; dan dilengkapi oleh sistem CNC, chuck tiga rahang, menara 8 posisi, sistem pasokan pendingin, tailstock dan lainnya.

Ada pun permrosesan bahan material dilakukan di kedua sumbu dalam bidang horizontal. Ada pun bidang penerapan pada produk software ini ialah proses pendidikan dengan memanfaatkan teknologi komputer.

Sebagai pembelajaran laboratorium pada siswa jurusan teknik mesin di kelas komputer; untuk pembelajaran jarak jauh,dengan dukungan demonstrasi dari materi perkuliahan pada kelompok bidang spesialisasi dan pelatihan.

Simulator CNC berbasis software atau perangkat lunak ini sangat praktis untuk menunjang pembelajaran siswa; membuat siswa lebih memahami materi terkait CNC dengan baik tanpa harus bertatap muka.

Bahkan Anda dapat memperolehnya melalui perangkat smartphone saja tanpa harus mengunduhnya di PC.Terkait mesin CNC; jika Anda mencari pembuat mesin CNC yang presisi; Sentra Teknika Prima adalah tempatnya. PT. Sentra Teknika Prima adalah jasa spesialis pembuat part mesin CNC yang presisi.

Menawarkan tarif denga harga relatif terjangkau untuk membantu klien dalam pembuatan mesin. Jika Anda membutuhkan pembuatan part mesin CNC, mesin bubut, atau molding Anda bisa percayakan kepada Sentra Teknika Prima.

BACA JUGA  Tips dan Trik: Yang Perlu Diketahui Saat Mempersiapkan Model CAD Anda untuk Pemesinan Milling CNC