Bagian-bagian Mesin Bubut yang perlu diketahui Operator CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Bagian Mesin Bubut CNC Yang Perlu Diketahui

Mengetahui dan memahami proses kerja mesin bubut manual adalah bagian dari kompetensi teknik bengkel bagi seorang Operator dan programmer CNC. Karena dengan memahami proses kerja tersebut kita akan mendapatkan alur logika proses pengoperasian suatu mesin serta tombol mana dulu yang akan kita tekan. Selain itu memahami bagian-bagian dari sebuah mesin perkakas pun tidak kalah penting bagi operator dan programmer Mesin CNC.

Sebelum mulai mengoperasikan mesin CNC, tentunya seorang operator CNC perlu mengetahui fungsi tombol-tombol yang ada pada mesin tersebut. Mengetahui  instruksi kerja standar  operasi mesin di setiap perusahaan juga menjadi salah satu syarat menjadi Operator dan Programmer handal.

Sementara itu, sebagai seorang operator CNC sudah harus memahami prosedur dan gambar penyettingan benda kerja pada mesin yang sesuai dengan maksud programmer CNC. Setelah mengetahui instruksi kerja pengoperasian dan penyettingan benda kerja, seorang operator CNC perlu harus menyiapkan peralatan yang  diperlukan, baik peralatan untuk mencekam benda kerja maupun peralatan potong benda kerja.

Proses kerja  dan bagian bagian dari mesin bubut manual adalah hal yang perlu diketahui  dan dipahami oleh Operator CNC, karena dengan mengetahui bagian-bagian tersebut seorang operator akan mengetahui dimana tempat mencekam benda kerja yang akan diproses, kemudian tahu dimana alat potong akan disimpan dan lain sebagainya.

Bagian-bagian dari Mesin Bubut CNC

Bagian pertama dari mesin bubut yang perlu diketahui adalah Head Stock.  Head stock biasa juga  disebut dengan kepala tetap,  merupakan salah satu bagian utama  dari mesin bubut. Di dalam head stock terdapat poros spindle  yang akan berputar untuk memutarkan benda kerja. Head stock merupakan bagian yang penting dari mesin bubut karena di dalamnya juga terdapat rangkaian roda gigi penggerak sebagai pengatur putaran.

Pada CNC, rangkaian roda gigi tersebut sudah tidak ada lagi seperti halnya di mesin bubut manual, karena mengubah putarannya sudah  dilakukan  dengan cara mengubah frekuensi listrik yang masuk ke  motor  dengan menggunakan Inverter.

headstock Mesin Bubut

Gambar head stock mesin bubut cnc

Selanjutnya, bagian yag perlu diketahui selanjutnya adalah Tail Stock atau Kepala Lepas. Pada Tail stock ini biasanya nanti akan kita pasang Live Center atau Dead Center untuk pendukung benda kerja panjang; agar hasil dari benda tersebut tetap bisa bulat dan konsentris.  Pada mesin bubut manual,  biasanya tail stock ini selain digunakan sebagai pendukung  benda keraj juga digunakan sebagai dudukan alat potong mata bor. Berbeda dengan mesin bubut manual, pemasangan mata bor pada mesin CNC  dipasang seperti alat potong lainnya yaitu pada toolpostnya

Gambar mata bor yang terpasang pada tail stock

Gambar penggunaan tail stock pada mesin bubut CNC.

Berikutnya adalah Tool post, Toolpost ini merupakan tempat disimpannya banyak alat potong. Pada mesin bubut manual biasanya tool post ini hanya bisa menyimpan 4 jenis alat potong saja. Namun pada mesin CNC bisa lebih dari 4 alat potong yang dipasang, bisa 8 atau 12 alat potong, dan namanya pun tool turret. Disebut turret, karena toolpost tersebut akan berputar ketika mengganti alat potongnya.

Gambar toolpost

Kesimpulan

Ketiga bagian dari mesin bubut CNC yang telah dijelaskan di atas sangat perlu diketahui oleh seorang Operator CNC,  kenapa? Karena seorang operator akan banyak berhubungan dengan bagian tersebut baik itu ketika hendak memasang benda kerja; menyetting benda kerja, memasang alat potong, dan memasang pendukung untuk benda kerja yang panjang.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.