Sistem Utama Mesin CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Sobat Kursus CNC, Ada 3 sistem utama pada mesin CNC sehingga prosesnya dapat berjalan dengan baik.   Sistem Utama pada Mesin CNC tersebut adalah  INPUT-PROSES-OUTPUT, seperti terlihat pada  diagram di bawah ini ini.

bagian-bagian dari Mesin CNC
Perangkat Sistem Utama pada Mesin CNC

Komputer.
Komputer digunakan untuk menggambar desain. CAD – Computer Aided Design perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan ini. Namun, desain ini hanya gambar dan mesin CNC tidak dapat menggunakan ini untuk memproduksi produk. Perangkat lunak komputer juga harus mengkonversi gambar ke nomor (koordinat) bahwa mesin CNC dapat menggunakan ketika mulai untuk memotong dan membentuk materi.

Interface.
Sebuah komputer tidak dapat langsung dihubungkan ke mesin CNC. Komputer tersebut akan  terhubung ke sebuah perangkat antarmuka. Mesin CNC modern memiliki ‘dibangun di’ atau terpisahkan antarmuka, yang muncul bagian dari mesin CNC. Sirkuit ini mengubah sinyal dari komputer ke bentuk yang mesin CNC mengerti. mesin  CNC tua atau yang lama memiliki ‘kotak’ terpisah  yang disebut antarmuka. Sinyal dalam bentuk sinyal digital ketika mereka dikirim ke mesin CNC.

CNC (Computer Numerical Control) mesin.
Sinyal dari antarmuka mengontrol motor pada mesin CNC. motor tersebutdapat berupa motor servo atau motor stepper. Sinyal yang dikeluarkan oleh interface tersebut menentukan cara motornya  bergerak. Motor  bergerak dalam tiga arah X, Y dan Z. (Horisontal, vertikal dan kedalaman).  Interface tersebut juga dapat mengeluarkan sinyal yang dapat  mengontrol kecepatan alat pemotong.

baca juga: Apa Mesin CNC itu?

Dengan diagram Bagian-bagian Sistem Utama pada Mesin CNC di atas tersebut, dapat mempermudah dalam memahami mesin CNC secara sederhana.