Belajar Mengoperasikan Mesin Perkakas CNC Dimana Saja Dengan Simulator CNC

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)khususnya dalam dunia industri, maka sudah selayaknya para operator mesin CNC  dibekali dengan kompetensi yang dapat menunjang mereka untuk dapat bersaing dalam dunia industri khususnya industri manufaktur. Untuk dapat bekerja dengan baik di industri pemesinan yang semakin canggih seiring berkembangnya waktu, maka perlu penguasaan kompetensi CNC (Computer Numerical Control) Dasar, hal ini disebabkan karena kemampuan Mesin CNC yang sangat kompleks dan mampu membuat sebuah part atau benda kerja secara cepat.

Dengan berkembangnya Mesin CNC, maka benda kerja yang rumit sekalipun dapat dibuat secara mudah dalam jumlah yang banyak. Selama ini pembuatan komponen/suku cadang suatu mesin yang presisi dengan mesin perkakas manual tidaklah mudah, meskipun dilakukan oleh seorang operator mesin perkakas yang mahir sekalipun. Penyelesaiannya memerlukan waktu lama. Bila ada permintaan konsumen untuk membuat komponen dalam jumlah banyak dengan waktu singkat, dengan kualitas sama baiknya, tentu akan sulit dipenuhi bila menggunakan perkakas manual.

Sebagai langkah awal untuk menguasai Mesin CNC ,operator mesin CNC sangat dianjurkan untuk memulainya dengan mempelajari Simulator CNC .

Fungsi Simulator CNC

yaitu :

  • Konfigurasi layar dapat direalisasikan dan semua fungsinya sama dengan mesin CNC sesungguhnya yang digunakan dalam sistem industri.
  • Menginterpretasikan kode NC dan mengedit perintah pemotongan pada mesin secara real-time.
  • Panel Kontrol mirip dengan mesin CNC sesungguhnya.
  • Operasi brik tunggal, operasi otomatis, pola pengeditan, dry run, dan sebagainya.
  • Tingkat penyesuaian langkah, perubahan pulsa antar switch dalam satuan millimeter.
  • Penggunaan G code dan M code, yang mengontrol koordinat dan parameter mesin
  • Bentuk Velocity of cutting (Vc) dalam m/menit
  • Bentuk feeding (f) dalam mm/putaran, yang dipengaruhi oleh putaran yang ada
  • Depth of cut (a) dalam mm,
  • Bentuk chip breaking, yang dipengaruhi oleh material bendakerja feeding,dan depth of cut

Keuntungan Menggunakan Simulator CNC

diantaranya  :

  • Operator yang sedang belajar akan aman dan tidak merusak mesin.
  • Operator yang melakukan trial error pada saat membuat produk tidak khawatir untuk merusak mesin atau benda kerja yang ada.
  • Mesin yang digunakan akan aman dari operator yang salah dalam melakukan pemrograman
  • Dapat melihat simulasi hasil produk dari program yang dibuat.
  • Dapat mengetahui kesalahan-kesalahan yang ada dalam program yang dibuat sebelum dikerjakan
  • Menghemat beaya proses dan perawatan.
  • Surface roughness merupakan salah satu aspek tujuan dari pembubutan.

Gambar berikut adalah contoh tampilan layar dari salah satu software CNC simulator.

panel simulator cnc

Simulator CNC dapat menjadi media belajar yag sangat mudah, murah dan dapat dioperasikan di mana saja untuk operator pemula sebelum terjun langsung menggunakan Mesin CNC sesungguhnya. Simulator CNC merupakan pengembangan metodologi pendidikan yang dimaksudkan untuk mengenalkan dasar-dasar proses pengerjaan pemesinan CNC dengan prinsip-prinsip pemrograman menggunakan kode G dan M standar yang ada di Mesin CNC sesungguhnya.

Anda dapat menghubungi kami apabila membutuhkan jasa Pemesinan Milling CNC untuk pembuatan spare part . Sentra Teknika Prima menjadi penyedia jasa manufaktur untuk pemesinan CNC; dan Fabrikasi sejak 2003 dan memiliki tim dengan pengalaman di berbagai bidang industri. Kami selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjalin komunikasi yang baik, bersikap jujur, dan terbuka demi kelancaran dan keberkahan pekerjaan. Kami juga menjalin hubungan baik dengan beberapa distributor perangkat otomasi. Hal ini menjamin pengadaan material beserta support teknis menjadi lebih mudah diakses.

Segera hubungi kami untuk mengkonsultasikan masalah Pembuatan spare part Custom, Jig, Fixture dan fabrikasi  industri Anda. Kami siap membantu mulai dari tahap konsultasi, perencanaan, planning dan juga hasil akhir. Apabila terjadi kendala sewaktu-waktu Anda bisa menghubungi kami untuk melenyapkan rasa khawatir Anda.